Konsultan merupakan seseorang atau sekelompok orang yang ahli atau propesional di bidang tertentu. konsultan akan membantu kliennya dalam menyelesaikan masalah yang di hadapi. Pada artikel ini jasa konsultan yan di bahas adalah jasa konsultan studi kelayakan bisnis. Jasa konsultan studi kelayakan ini berada di kota medan, dimana kota medan merupakan pusat bisnis di bagian barat indonesia dan merupakan kota paling padat di pulau sumatera. Sehingga peluang bisnis di kota medan sangatlah menjanjikan. Ada berbagai macam bisnis yang dapat di kembangkan di kota medan salah satuanya adalah bisnis perhotelan.

Perekonomian yang baik akan memberikan pengaruh positif terhadap bisnis perhotelan di Kota Medan. Dari sisi permintaan, tingkat huniannya terus mengalami pertumbuhan positif. Sementara dari sisi pasokan, semakin membaiknya kondisi pasar diindikasikan dengan semakin intensifnya pembangunan hotel – hotel baru, seperti Crystal Dirga Surya, Hotel Arya Duta, Hotel Marriot, The City Hall Aston Hotel dan masih ada beberapa hotel lagi. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya kembali hotel-hotel berbintang pada tahun–tahun mendatang. Sehingga dari history tersebut dapat menunjukkan investasi bisnis perhotelan di kota medan.

Dalam melakukan investasi hotel di kota medan tidak semudah yang di bayangkan, harus ada perencanaan yang matang dan mendalam terkait hal tersebut. Salah satu persiapan yang di lakukan dengan membuat studi kelayakan bisnis hotel. Sehingga investor tidak mengalami investasi bodong atau rugi. Sehingga disini konsultan studi kelayakan akan membantu investor dalam membuat perencanaan bisnis nya. Sehingga akan di nilai apakah investasi yang dilakukan layak atau tidak di jalankan.

Ada beberapa aspek yang dinilai untuk melihat kelayakan bisnis tersebut yaitu aspek umum yaitu menjelaskan kondisi perusahaan secara umum tentang kesanggupanya menajalankan bisnis tersebut, aspek hukum yaitu menjelaskan secara hukum tentang pendirian bisnis tersebut, kemudian aspek tapak atau lokasi dimana aspek ini sangat menuntukan kelayakan dari aspek-aspek yang lain, yaitu akan menjelaskan kondisi staregis lingkungan lokasi objek kajian dimana nantinya akan menuntukan aspek pasar, aspek hukum dan lingkungan bisnis tersebut. Selanjutnya aspek yang terakhir adalah aspek keuangan dimana aspek ini merupakan aspek paling vital dibanding aspek yang lainnya. Pada aspek keuangan akan dilihat kondisi IRR, NVP, PP dan ROI bisnis tersebut, sehingga kita dapat mengambil kesimpuan apakah bisnis mendirikan hotel tersebut layak atau tidak untuk di jalankan.

Kategori: Artikel