Buat Anda yang mengetahui lebih dalam mengenai riset ini tentu akan menemukan titik tengah, dimana riset ini masuk dalam aspek studi kelayakan. Hal tersebut membuktikan bahwa tingkat kepentingannya amatlah tinggi. Kalau dari Anda menanyakan untuk apa dilakukan riset ini tentu tidak ada jawaban lain selian untuk mencapai apa yang sudah direncanakan. Sesuatu yang sudah direncanakan tentu akan jauh berbeda dengan sesuatu yang tidak direncanakan. Bisnis bukan ranah permainan yang ketika tidak direncanakan akan semakin mengasyikan. Bisnis adalah dunia persaingan pasar, ketika Anda tidak tahu alurnya tidak ada kesempatan untuk memenangkan permainan.

 

Pemasaran merupakan fungsi utama dari suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Keputusan pemasaran harus dibuat untuk menentukan produk, pasar, harga dan promosi. Untuk pemasaran yang sukses dari perencanaan strategis, upaya yang diperlukan untuk mengembangkan dan memelihara strategi yang cocok antara tujuan dan kemampuan organisasi  mengubah peluang pemasaran.

 

Tujuan perencanaan strategis adalah untuk menemukan cara-cara yang memungkinkan perusahaan untuk menggunakan kekuasaan mereka dengan baik dan mengambil peluang keuntungan peluang yang ada di pasar. Menurut Kotler (2005), pemasaran merupakan social dan proses manajerial yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam memperoleh kebutuhan mereka dan keinginan, dengan menciptakan dan pertukaran produk dan nilai dengan orang lain. Definisi pemasaran didasarkan pada konsep inti yang melibatkan kebutuhan, keinginan dan tuntutan, produk, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar dan pemasaran. Dari penjelasan ini, dapat disarankan bahwa pemasaran adalah penciptaan standar hidup yang mencakup beberapa kegiatan seperti menyelidiki dan mencari tahu apa yang konsumen inginkan, perencanaan dan mengembangkan produk untuk memenuhi keinginan konsumen, membuka jalan terbaik untuk menentukan harga, promosi dan distribusi, serta mencapai kepuasan konsumen.

 

Segmenting, Targeting, dan Positioning

Perusahaan yang beroperasi harus menyadari bahwa hal itu tidak akan mungkin bagi mereka untuk melayani semua konsumen di pasar. Hal ini karena pasar terdiri dari berbagai konsumen karakteristik, dan setiap konsumen memiliki keinginan yang berbeda. Oleh karena itu, jantung modern pemasaran strategis harus diterapkan untuk segmentasi pemasaran, target pasar (Targeting) dan penempatan pasar (positioning). Segmentasi pasar adalah tindakan mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Setiap konsumen memiliki / karakteristik nya sendiri, keinginan, dan sehingga membutuhkan / produk sendiri dan bauran pemasaran. Target akan menjadi langkah berikutnya setelah perusahaan mengidentifikasi pasar peluang segmen. Kemudian, mengevaluasi berbagai segmen untuk menentukan segmen sesuai dengan target pasar. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda, perusahaan harus melihat pada dua faktor: daya tarik pasar secara keseluruhan dan tujuan perusahaan dan sumber daya (Kotler, 2005). Positioning adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasaran dalam rangka menciptakan kesan tertentu dalam benak konsumen (Kotler, 2005). Tindakan ini akan membantu konsumen untuk mengenali perbedaan yang pasti antara produk bersaing sehingga bahwa mereka dapat memilih yang terbaik. Ini termasuk image branding, manfaat yang menarik dan keunggulan kompetitif.

Kategori: Artikel