Aspek pasar merupakan aspek yang sangat penting dalam studi kelyakan suatu bisnis. Untuk meninjau aspek pasar suatu usaha di perlukan studi yang mendalam. Pada kesempatan ini PT. Grapadi Sejahtera Mandiri hadir sebagai jasa konsultan yang berpengalaman di bidang tersebut.

Pemasaran sangat penting dilakukan karena tidak ada usaha yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh usaha tersebut. Pada dasarnya, aspek pasar dan pemasaran bertujuan untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan pengsa pasar produk atau jasa yang bersangkutan. Aspek pasar adalah inti dari penyusunan studi kelayakan, karena permintaan pasar dari produk yang dihasilkan, merupakan dasar dalam penyusunan produksi, jumlah produksi itu sendiri merupakan dasar dalam rencana pembelian bahan baku, jumlah tenaga kerja yang diperlukan, serta fasilitas lainnya yang dibutuhkan.

Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin tersedia dan mampu dilaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu. Sedangkan pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen. Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga ke tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk dan jasa tersebut dapat memberi kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah manarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mepertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.

Pemasaran dilakukan setelah selesainya promotional material dibuat, seperti spanduk-spanduk, brosur-brosur, pamphlet, billboard dan lain-lain. Masa pemasaran ini bisa dilakukan peralel dengan semua kegiatan yang berlangsung diproyek.

Kategori: Artikel