Riset pasar banyak di lakukan bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis di suatu tempat. Manfaat riset pemasaran ini bertujuan untuk mengetahui minat pembelian barang atau produk di tempat usaha akan dijalankan. Jika Anda mengetahui bahwa masyarakat sekitar lebih membutuhkan produk – produk dengan harga terjangkau dan banyak di gunakan untuk kebutuhan sehari – hari, maka produk yang Anda di jual disana harus yang mereka butuhkan. Kesalahan terbesar bagi Anda jika menjual produk yang justru tidak terlalu dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Dalam melakukan riset pasar ini manfaat penelitian tersebut tidak bisa Anda simpulkan sendiri. Perlu diadakan riset dalam skala kecil untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan fakta yang terjadi ke lapangan, untuk itu Anda bisa turun langsung ke pasar untuk mengadakan riset.

Perkembangan zaman yang begitu pesat tentu membuat para pebisnis semakin kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka. Berbagai diskon diberikan untuk menarik para pembeli dan juga menjual produk yang merupakan kebutuhan dasar mereka. Melakukan bisnis memberikan keuntungan karena mengumpulkan data terlebih dahulu. Dalam pengumpulan data terdapat dua cara yang bisa dipilih yaitu sebagai berikut :

Kuantitatif adalah pengumpulan data yang menggunakan cara analisis dengan matematis. Ukuran sampel yang dibutuhkan biasanya dalam skala yang besar.Hasil dari pengumpulan data ini bertujuan untuk menyempurnakan kinerja dari produk selama ini berarti membahas kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada produk.

Kualitatif adalah pengembangan dan menyimpulkan hasil dari metode pertama yaitu kuantitatif. Cara pemgumpulan data ini banyak di lakukan untuk para pebisnis yang baru memulai usaha dari awal, karena pada umumnya pebisnis yang memulai usaha dari awal lebih banyak membutuhkan data untuk melihat peluang dan meminimalisasi resiko yang bisa saja terjadi suatu saat. Berikut ini merupakan manfaat riset pasar yang perlu Anda pahami.

  1. Mencari pembeli – Sebelum memulai suatu usaha di tempat lokasi baru hal yang paling penting dan menjadi dasar bagi Anda adalah mencari pembeli yang akan membeli produk jualan Anda. Mencari pembeli dapat dilakukan dengan berkomunikasi dengan para pembeli produk apa yang paling mereka butuhkan.
  2. Melihat pesaing – Saat Anda akan membuka usaha tentu bisa jadi ada penjual yang telah berjualan terlebih dahulu dari pada Anda sebelumnya. Ada pesaing yang telah berjualan lebih dahulu. Disini Anda bisa mengaplikasikan perbedaan produk Anda dalam pelayanan, harga dan juga kepercayaan agar pembeli senang kepada Anda.
  3. Memanfaatkan peluang – Setelah tahu daya pembeli dan juga pesaing adalah baiknya Anda mencari peluang yang ada dipasar untuk membedakan produk yang Anda jual dengan produk – produk yang ada sebelumnya. Peluang yang dicari haruslah peluang yang belum banyak ada di suatu lokasi tempat Anda incar. Ini untuk mengurangi resiko.
  4. Mengurangi risiko – Setiap menjalankan bisnis maka resiko yang mengikuti pasti ada. Tujuan dari riset pasar adalah untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Jadi dampak resiko tidak terlalu memberatkan Anda secara pribadi jika harus terjadi. Resiko bisa terjadi karena faktor luar seperti menurunnya daya beli dan faktor dari dalam seperti pecah kongsi dengan rekan kerja.
  5. Memiliki rencana jangka panjang – Rencana dari bisnis harus dibuat untuk mengetahui langkah – langkah yang akan Anda ambil dengan pasti. Riset ini memiliki fungsi untuk membuat rencana jangka panjang bagi Anda dalam menjalankan usaha. Dengan adanya rencana Anda tidak akan lupa tujuan dari awal untuk membangun bisnis ini.
  6. Membangun potensial pasar – Potensial dari usaha yang Anda jalankan dapat Anda simpulkan dari riset pasar yang Anda lakukan. Melihat potensi pasar sangat penting untuk membangun langkah baru dalam menjalankan bisnis. Potensial pasar menjadi keuntungan sendiri bagi beberapa golongan.
  7. Menjadi tren usaha – Riset pasar juga memberikan manfaat pilar utama bagi usaha Anda. Riset yang Anda lakukan akan banyak memunculkan ide baru termasuk menjadikan Anda trend setter bagi pebisnis lainnya. Jika Anda sudah menjadi tremd setter bisa dipastikan penjualan akan semakin naik dan berkembang.
  8. Memperoleh keuntungan dengan cepat – Salah satu fungsi riset adalah untuk membantu balik modal dengan cepat. Bisa jadi Anda membuka modal dengan menggunakan manfaat deposito. Riset yang Anda lakukan akan menghasilkan suatu kesimpulan bahwa keuntungan dapat dilakukan dengan cepat agar Anda juga bisa memutar ide untuk memulai bisnis yang sama di tempat yang berbeda.

Dalam menjalankan riset pasar banyak metode yang bisa digunakan, antara lain:

Mengisi kuisioner

Anda dapat memberikan lembaran – lembaran pertanyaan yang nanti akan diisi oleh para konsumen tetap di pasar tersebut. Biasanya isi dari pertanyaan kuisioner adalah yang penting dan utama saja. Para konsumen yang mengisi kuisioner diharapkan memberikan data yang asli dan dapat mempertanggung jawabkannya. Setelah mengisi kuisioner Anda dapat memberikan imbalan kepada konsumen sebagai ungkapan terimakasih.

Riset grup

Mengumpulkan beberapa orang konsumen untuk mengetahui potensial pasar yang akan kamu kembangkan menjadi usaha. Disini jumlah konsumen yang ada harus lebih dari satu karena akan membentuk grup. Dengan adanya riset grup ini makan kamu dapat mengambil kesimpulan secara keseluruhan tentang produk yang akan di jual di pasar.

Metode survei

Metode survei hampir sama dengan kuisioner tapi survei lebih banyak tanya jawab secara singkat langsung pada tempatnya. Pertanyaan yang di ajukan pada survey juga tidak boleh banyak karena takut nanti akan menganggu kenyamanan dari para konsumen. Usahakan untuk mencari konsumen yang sedang tidak terlalu sibuk agar survei ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Dari ketiga metode tersebut diatas Anda dapat memilih mana metode yang cocok dan mewakili kebutuhan Anda akan data dari suatu tempat saat akan memulai usaha. Sedangkan dalam melakukan riset pasar terdapat jenis yang dapat dipraktekkan, berikut ini merupakan jenis-jenis dari riset pasar:

  • Riset primer – Tujuan dari riset primer adalah mengetahui informasi dari penjualan yang dilakukan pada hari tersebut. Cara-cara yang harus dilakukan untuk melakukan riset primer antara lain melakukan wawancara secara langsung artinya Anda langsung turun ke lokasi untuk melakukan riset dan mengisi kuisioner
  • Riset sekunder – Dengan melakukan riset ini Anda bertugas untuk melakukan analisis data yang sudah ada sebelumnya. Di riset sekunder data yang didapat akan lebih lengkap sehingga tidak hanya melihat peluang, tapi Anda juga bisa melihat pesaing dan kebutuhan pasar. Jenis riset ini dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan rencana Anda dalam menjalankan bisnis yang sesuai.

Itu tadi sekilas tentang pentingnya riset pasar bagi seorang pebisnis, terutama perusahaan yang sedang dijalankan. Dengan adanya riset pasar, maka bisnis Anda pun akan semakin siap.

Kategori: Artikel