Pembangunan kawasan industri sebagai pusat kegiatan industri pengolahan yang dilengkapi dengan sarana, prasarana, dan fasilitas penunjang lainnya yang disediakan dan dikelola oleh perusahaan. Kawasan industri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menarik minat investor baik asing maupun lokal untuk menginvestasikan dananya melalui sektor industri. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konsumsi suatu produk/jasa yang semakin meningkat belakangan ini, sektor industri perlu mendapat tempat khusus melalui pembangunan kawasan industri.

Pembangunan kawasan industri bukanlah hal yang mudah dan sangat berresiko, namun jika kawasan ini berjalan dengan lancar akan memberikan keuntungan yang menjanjikan dan berkelanjutan. Pebisnis yang akan menjalankan bisnis ini harus berani mengambil resiko dengan menggunakan strategi, peluang dan perencanaan yang pas. Salah satu yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis ini dengan membuat studi kelayakan kawasan industri tersebut. Kawasan Industri merupakan bisnis yang sangat vital karena banyak pihak yang dikaitkan untuk memulai bisnis ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti izin pembangunan, izin lingkungan, aspek teknis, aspek hukum, aspek ekonomi, aspek sosial, aspek pasar, aspek keuangan dan berbagai aspek lainnya. Aspek –aspek yang berkaitan dengan kawasan industri tersebut akan dibahas dalam studi kelayakan.

Untuk membuat studi kelayakan kawasan industri memerlukan konsultan yang profesional dan berpengalaman dibidang tersebut karena akan dilakukan kajian lebih mendalam terhadap bisnis tersebut. Kami PT. Grapadi Sejahtera Mandiri hadir membantu pebisnis untuk membuat studi kelayakan kawasan industri bisnis itu. Ada beberapa manfaat dari pelaksanaan studi Kelayakan kawasan industri:

1. Menghindari resiko kerugian yang besar

Industri ini menjadi salah satu kegiatan ekonomi tingkat atas yang memang akan sangat berpeluang untuk mengalami kerugian. Apalagi pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan industry ini sangatlah luas. Sehingga kerugian sedikit pun akan sangat terasa oleh semua pihak. Jika resiko tidak diantisipasi, maka resiko besar pun bukan tidak mungkin akan terjadi dan menghancurkan eksistensi industri. Dengan melaksanakan studi kelayakan untuk kawasan industri ini, kita bisa meminimalisir terjadinya resiko.

2. Memudahkan pelaksanaan tujuan.

Pelaksanaan studi kelayakan kawasan industri akan menjadikan panduan bagi pembangunan dan  jalannya bisnis tersebut. Karena dalam studi kelayakan akan dibahas mulai dari pembangunan dan jalannya bisnis tersebut dalam bentuk laporan.

3. Mempermudah proses pengawasan

Pengawasan merupakan  control terhadap bisnis kawasan industri tersebut baik dari pembangunan dan pada saat berjalannya bisnis tersebut. Sehingga resiko-resiko yang mungkin terjadi pada bisnis tersebut dapat dihindari.

Kategori: Artikel