Bisnis merupakan kegiatan menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh seseorangan, atau sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen atau pelanggan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan/laba (profit). Bisnis yang berjalan dengan sesuai dengan harapan pemilikinya akan memperoleh keuntungan. Namun untuk memperoleh itu bukan lah mudah karena akan banyak sekali masalah – masalah yang di hadapi ketika berbisnis. Agar memperoleh keuntungan pebisnis harus dapat mengambil moment, bisnis yang terencana, manajemen yang bagus, strategi yang tepat untuk mencapai hal tersebut. Ini lah uraian singkat mengenai bisnis.

Ide Bisnis

Ide merupakan rencana yang tersusun dalam pikiran seseorang. Ide bisa saja muncul dengan sendiri dan bahkan tidak disengaja dan ide juga bisa muncul dengan suatu perencanaan yang matang yang disebut dengan brainstorming. Brainstorming merupakan teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok.

Modal

Dalam memulai bisnis memerlukan modal awal untuk menjalankan bisnis tersebut, biasanya modal yang sedikit akan menghasilkan untung yang sedikit sebaliknya modal yang banyak akan mengharapkan untung yang besar juga. Namun hal tersebut tidak semudah itu untuk memperolah kesuksesan bisnis bukan lah mudah, kadang bisnis tersebut merugi atau bahkan tidak balik modal sama sekali. Oleh karena itu pebisnis harus berani dalam mengambil resiko-resiko yang mungkin terjadi ketika mejalani bisnis.

Perencanaan Bisnis

Pernacanaan bisnis merupakn hal yang sangat penting dalam memulai bisnis. Perencanaan bisnis merupakan tahap kedua yang dilakukan seorang pebisnis setelah ide bisnisnya diperoleh. Ada banyak perencanaan yang harus dilakukan seperti perencanaan modal, perencanaan lokasi bisnis, perecanaan perizinan, perencanaan lingkungan, perencanaan teknis bisnis, perencanaan pemasaran bisnis dan berbagai perencanaan lainnya. Namun parapebisnis jangan khawatir perencanaan tersebut akan di bahas dalam satu laporan atau satu studi yang dinamakan dengan studi kelayakan bisnis.

Studi kelayakan merupakan perencanaan dalam bentuk studi atau penelitian secara tertulis ketika seseorang akan memulai bisnis. Dalam studi ini akan di bahas aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Sehingga dalam studi tersebut akan lengkap mengkaji perencanaan bisnis seperti yang sebutkan sebelumnya seperti Aspek perizinan bisnis, aspek teknis, apsek hukum, aspek pasar, aspek lingkungan dan bahkan sampai aspek keuangan bisnis tersebut, kapan balik modal (BEP), berapa lama Pay Back Priode nya, berapa IRR nya, berapa NVP, apakah layak dijalankan atau tidak dan resiko-resiko yang mungkin terjadi dari bisnis tersebut.

Berjalannya Bisnis

Berjalannya sebuah bisnis dapat dilakukan dengan mengikuti pedoman pada perencanaan yang dibuat sebelumnya. Berjalanya bisnis hampir sama dengan siklus produk yang tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya mulai dari peluncuran awal (soft launching), Peluncuran resmi (grand launching), perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/ penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar Setelah mencapai puncaknya atau titik jenuh maka produk akan turun dengan alamiah. Namun disinilah peran kreatif dan strategi bisnis dilakukan agar bisnis tersebut tidak mengalami penurunan atau kebangkrutan dalam waktu yang cepat.

Kategori: Artikel