Kota Medan merupakan ibu kota propinsi Sumatera Utara yang terkenal akan keindahan alam, budaya serta adat istiadatnya yang unik, makanan khas dengan rasa lezat dan unik dimana hal tersebut menjadikan Kota Medan salah satu  tujuan bagi wisatawan lokal dan asing yang berkunjung di Indonesia, sehingga sangat potensial untuk menjadi tempat pengembangan bisnis di bidang penunjang pariwisata.Selain prospek kegiatan bisnis yang menunjang parawisata, Kota Medan juga memilki prospek yang menjanjikan untuk kegiatan berbagai macam bisnis dengan pertumbuhan ekonomi 5,4 sampai 5,8 % pertahun.

Kemudian Pasar hotel di Kota Medan yaitu orang atau pengunjung yang menggunakan jasa akomodasi hotel di daerah Kota Medan. Adapun jumlah orang atau pengunjung dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya destinasi wisata, keperluan bisnis dan perdagangan, keperluan pekerjaan dan sebagainya. Oleh karena itu pasar hotel di Kota Medan dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis berupa pasar domestik dan pasar mancanegara.

Uraian diatas menunjukkan bahwa membangun sarana penunjang parawisata berupa pembangunan hotel dan pembangunan sarana perkantoran sangat dibutuhkan dan memiliki prospek yang menjajikan keuntungan yang tidak sedikit.

Untuk mengkaji dan meyakinkan pendirian hotel di kota medan harus dilakukan studi pendahuluan yang lebih mendalam. Studi pendahuluan dari perencanaan pembangunan bisnis hotel tersebut disebut dengan studi kelayakan bisnis. Studi ini akan mengkaji berbagai hal atau aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis hotel yang akan di bangun. Studi Kelayakan rencana pendirian hotel akan ditinjau dari sisi pasar, hukum, fisik, sumber daya manusia dan keuangan. Dimana setiap sisi tersebut memiliki kriteria yang menunjukkan standart kelayakan dan saling berhubungan satu sama lain. Pada akhirnya laporan studi akan terdiri dari aspek pasar, aspek hukum, aspek fisik, aspek sumber daya manusia dan aspek keuangan.

Dari hasil kajian studi kelayakan tersebut akan memberikan gambaran kepada pebisnis tentang perencanaan dan jalannya bisnis tersebut. Dalam kajian juga akan dikaji resiko – resiko dari bisnis hotel yang akan dijalankan dikota medan. Sehingga pada akhirnya akan memberikan pertimbangan keputusan kepada pebisnis hotel, Investor, Kreditor, Pemerintah dan juga masyarakat kota medan apakah bisnis tersebut layak atau tidak layak didirikan dan dijalankan di kota medan.

Dalam membuat studi kelayakan bisnis bukanlah hal yang mudah, diperlukan orang yang ahli dibidang tersebut. Karena akan mengkaji berbagai hal dan aspek dari bisnis yang akan dijalankan. Oleh karena itu dalam mendirikan bisnis para pebisnis biasanya menggandeng konsultan yang ahli di bidang tersebut untuk membuat dan mengkaji studi kelayakan bisnisnya. Sehingga hasil studi kelayakan dari pengkajian bisnis tersebut akan lebih tajam dan mendalam. Pada kesempatan ini kami PT. Grapadi Sejahtera Mandiri sebagai konsultan studi kelayakan yang profesional, independen dan berpengalaman akan membantu pebisnis dalam membuat studi kelayakan bisnisnya dan tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai.