Cafe merupakan tempat dimana orang berkumpul, bersantai, mengobrol dengan teman atau keluarga menikmati hidangan hingga melepas lelah dari kegiatan rutinitas. Dengan ruang yang nyaman serta sajian minuman dan makanan yang mendukung cafe akan menjadi tempat yang paling asyik dan banyak dikunjungi orang. Saat ini sendiri cafe memang telah menjadi fenomena dan gaya hidup serta tren, terutama bagi kalangan muda. Maka dari sini peluang untuk mendapatkan keuntungan dan omset besar dari usaha membuka cafe sangat terbuka lebar.

Namun tetap saja meski peluang dan kesempatannya besar, Anda harus bisa menjalankan bisnis cafe ini dengan beberapa taktik dan kiat jitu agar bisa suskes. Apalagi jika Anda hanya memiliki modal yang minim atau terbatas. Lalu seperti apakah taktik dan kiat jitu untuk membangun usaha kafe menjadi sukses dengan modal yang minim ini? Berikut ulasannya.

Cara yang paling tepat yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuat perencanaan bisnis cafe tersebut yaitu disebut dengan studi kelayakan. Pada studi kelayakan tersebut akan membahas berbagai aspek yang berkaitan dengan bisnis cafe. Semua yang berkaitan dengan kesuksesan bisnis cafe tersebut akan dibahas secara mendalam. Seperti lokasi strategis, menu andalan cafe, layanan cafe, strategi manajemen cafe, strategi pemasaran, manajemen keuangan cafe dan berbagai hal lainnya. Kemudian laporan hasil dari studi tersebut dapat anda gunakan untuk mendapatkan tambahan modal dengan mengajukannya kepada pihak investor atau melakukan pinjaman ke bank.

Aspek-aspek yang dibahas secara mendalam pada penelitian studi kelayakan cafe tersebut seperti aspek hukum, aspek lingkungan, aspek teknis, aspek SDM, aspek sosial, aspek politik, apsek ekonomi, aspek pasar, aspek keuangan. Namun aspek ini tidak akan dibahas secara keseluruhan tergantung tingkat kepentingan, biaya dan besarnya bisnis yang akan diteliti. Berikut adalah uraian singkat dalam pembahasan studi kelayakan cafe.

Aspek Hukum

Aspek hukum akan membahas mengenai ijin dari bisnis cafe tersebut. seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), Ijin Mendirikan bangunan (IMB).

Aspek SDM

Aspek ini akan lebih membahas pelayanan dari cafe karena dalam bisnis cafe pelayanan merupakan hal yang sangat penting. Dalam aspek ini akan dibahas struktur organisasi cafe, perekrutan karyawan cafe, pelatihan karyawan, strategi pelayanan cafe dan yang paling penting juru masak yang ahli. Adapun karyawan dalam bisnis cafe mulai dari pemilik cafe, juru masak, peramusaji, kasir.

Aspek Teknis

Pada aspek ini akan lebih membahas secara teknis seperti lokasi cafe, peralatan masak, peralatan layanan, bahan masak, menu makanan, menu minuman, menu utama dan berbagai hal lainnya.

Aspek Pasar

Pada aspek ini lebih membahas strategi pasar cafe seperti promisi, segmentasi pasar, target pasar dan analisis pesaing cafe tersebut.

Aspek keuangan

Pada aspek ini akan lebih membahas laporan keuangan dari cafe tersebut. Aspek ini akan mebahas investasi cafe, Rencana Anggran Biaya, laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca keuangan dan indikator kelayakan ekonomi bisnis seperti Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Break Even Point (BEP), Pay Back Period (PBP).

Dengan begitu kompleksnya studi kelayakan tersebut maka sebaiknya studi kelayakan cafe dikerjakan oleh seorang konsultan yang propesionel, berpengalaman dan independen. Kami PT. Grapadi Sejahtera Mandiri disini hadir sebagai konsultan studi kelayakan yang akan membantu anda sehingga tujuan dari bisnis cafe tersebut dapat tercapai.

Kategori: Artikel