Bisnis pergudangan sangat erat kaitannya dengan perkembangan industri, bisnis e-commerce, ekspor dan impor. Dalam menghadapi era globalisasi dan pasar bebas, diperkirakan arus ekspor dan impor akan semakin meningkat, perkemabangan teknologi yang jelan dengan meningkatnya bisnis e-commerce hal ini akan berdampak juga pada peningkatan bisnis pergudangan. Selain itu permintaan atas bangunan yang berupa gudang akhir-akhir ini semakin meningkat juga sebagai dampak adanya deregulasi di sektor industri manufaktur serta perdagangan internasional (ekspor/impor). sehingga dapat dikatakan bahwa masih ada pangsa pasar untuk bisnis pergudangan.

Dengan masih adanya pangsa pasar pergudangan para pebisnis akan berlomba-lomba mengambil kesempatan bisnis tersebut. Namun tidak cukup dengan itu saja harus ada perencanaan yang matang yang disebut dengan studi kelayakan. Dengan studi kelayakan pergudangan bisnis tersebut akan terencana secara terstruktur dan juga dapat digunakan untuk mencari investor untuk menambah modal dari bisnis tersebut.

TUJUAN PENYUSUNAN STUDI

Studi kelayakan pergudangan disusun secara sistematis untuk dapat digunakan sebagai dasar dalam perhitungan tingkat keberhasilan yang mencakup berbagai aspek, yaitu :

1. Aspek Yuridis

2. Aspek Teknis

3. Aspek Pemasaran

4. Aspek Organisasi dan Manajemen

5. Aspek Keuangan

Hasil studi kelayakan ini dapat dijadikan sebagai pegangan bagi pengelola perusahaan dan bahan pertimbangan untuk kebijaksanaan penentuan keputusan, baik yang bersifat administratif maupun operasional dikemudian hari. Pihak yang nantinya akan menggunakan laporan studi kelayakan tersebut adalah pihak perusahaan, pihak investor, pihak bank, pihak pemerintah dan pihak masyarakat.

Studi Kepustakaan

Buku-buku perpustakaan termasuk majalah, brosur dan media elektronik internet yang mendukung dalam penyusunan laporan studi kelayakan ini, menyangkut masalah teknis, pasar dan peraturan pemerintah.

Pengamatan Lapangan

Untuk lebih meyakinkan data dan informasi yang diperoleh tersebut dilakukan peninjauan dan pengamatan langsung ke lokasi Pergudangan.

Tujuan pengamatan lapangan antara lain :

  1. Untuk mengetahui keadaan di lokasi yang sebenarnya dan kelayakan lokasi pengembangan serta faktor-faktor yang mendukung operasional dari pergudangan dimasa depan.
  2. Untuk mengetahui pola kerja manajemen yang akan dibuat untuk pengoperasiannya.
  3. Untuk mengetahui daya dukung prasarana dan sarana yang sudah ada.
  4. Untuk mengetahui besarnya kebutuhan biaya investasi tambahan dalam rangka Pengembangan dan pembangunan gudang.

 

SISTEMATIKA PEMBAHASAN

Sistematika pembahasan dalam studi kelayakan ini sebagai berikut :

1. Pendahuluan

Dalam aspek ini akan diuraikan mengenai latar belakang, tujuan penyusunan studi kelayakan, metode yang digunakan dan sistematika pembahasan.

2. Aspek Yuridis

Dalam aspek ini dijelaskan mengenai status yuridis perusahaan, bidang usaha, permodalan, para pemegang saham, komisaris, direksi dan izin-izin yang telah dimiliki perusahaan sampai saat ini.

3. Aspek Teknis

Dalam aspek ini akan dijelaskan mengenai kebijaksanaan pemilihan lokasi, kesesuaian perijinan serta peraturan tata kota, dan sarana penunjang lainnya yang mendukung usaha.

4. Aspek Pemasaran

Dalam aspek ini akan dijelaskan meliputi konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan serta perusahaan sejenis yang telah ada.

5. Aspek Manajemen

Dalam aspek ini akan dijelaskan mengenai struktur organisasi, fungsi manajemen, hak dan tanggung jawab dan pengoperasian.

6. Aspek Keuangan

Dalam aspek ini diuraikan jumlah investasi dan kebutuhan dana untuk pembangunan, sumber pembiayaan, proyeksi pelunasan kredit bank, laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca keuangan dan analisa keuangan.

Pihak yang akan meneliti dan menyusun laporan studi kelayakan tersebut hendaklah pihak yang independen dan berpengalaman di bidang tersebut sehingga tujuan-tujuan dari bisnis pergudangan dan studi kelayakan tersebut dapat tercapai. Kami PT. Grapadi Sejahtera Mandiri hadir membantu anda untuk menyusun studi kelayakan pergudangan dan anda dapat menghubungi kami pada laman kontak web ini. Terima Kasih