Dalam studi kelayakan akan membahas berbagai hal yang sering anda takutkan ketika memulai bisnis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis tersebut dapat dilihat pada uraian berikut ini:

Modal

Modal merupakan hal utama yang harus dimiliki ketika memulai bisnis, sering kali seorang pebisnis kekurangan modal untuk memulai bisnisnya sehingga bisnis tersebut tidak kunjung terlaksana. Memang dalam memulai bisnis akan memerlukan modal yang besar sehingga kita tidak dapat memodalinya dengan baiya sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mencari dana dari pihak lain seperti investor dan bank. Lalu bagaimana caranya agar pihak investor atau bank tersebut mau memodali usaha kita yaitu salah satu cara menyakinkan mereka dengan mengajukan studi kelayakan akan bisnis tersebut. Dimana dalam studi kelayakan tersebut akan di bahas keuntung akan bisnis tersebut serta jaminan akan modal yang ditanamkannya.

Perijinan

Perijinan bisnis juga merupakan salah satu faktor seseorang terbengkalai untuk memulai bisnisnya. Hal ini disebabkan karena susahnya mengurus administrasi perijinan tersebut. Oleh karena itu dengan membuat studi kelayakan akan bisnis tesebut perijinan akan bisnis tersebut akan di bahas secara tuntas. Karena dalam studi kelayakan terdapat aspek legal yang akan mengkaji perijinan akan bisnis tersebut.

Lokasi

Lokasi merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, seorang pebinis akan mencari lokasi yang strategis dimana lokasi tersebut akan mendukung pengembangan bisnisnya seperti lokasi yang dekat dengan konsumennya, akses jalan, pesaing yang sedikit, dekat dengan suplayer atau bahan baku bisnis tersebut. Untuk mendapatkan lokasi yang strategis bukan lah yang mudah diperlukan survei pasar untuk mendapatkan hal tersebut. Pada studi kelayakan akan dibahas aspek lokasi bisnis sehingga diperolah lokasi yang strategis terhadap bisnis tersebut.

Pasar

Pasar merupakan ujung tombak dari suatu bisnis, jika pasar dari bisnis tersebut tidak ada maka bisnis tersebut tidak layak untuk dijalankan. Sebelum mejalankan suatu bisnis diperlukan penelitian terlebih dahulu untuk menjejaki pasar dari bisnis tersebut. Penjejakan pasar dari bisnis tersebut dilalukan studi kelayakan, dimana dalam studi kelayakan tersebut akan dibahas take up rate dari bisnis, jumlah konsumen, peluang pasar dan bagaimana persaingan akan bisnis tersebut.

Keuangan

Keuangan adalah bagian yang cukup vital dalam suatu bisnis, sehingga seorang pebisnis harus berhati-hati dalam mengelolanya. Dalam studi kelayakan keuangan bisnis akan bahas dari mulai inevatasi, laba rugi, arus kas, neraca keuangan, dan analisis resiko-resiko keuangan bisnis. Pada aspek keuangan terdapat juga indikator yang memberikan pertimbangan tetanga layak atau tidaknya bisnis tersebut untuk dijalankan. Sehingga keterlanjuran berinvestasi akan bisnis tersebut dapat dihindari.