Konsultan merupakan orang yang memberikan jasa  kepada orang lain karena dia memiliki keahlian yang tidak bisa di lakukan orang tersebut. Sebagai mana keluarga yang memiliki pembantu di rumahnya yang mengerjakan berbagai pekerjaan rumah yang tidak bisa atau tidak sempat dilakukan oleh tuannya seperti memasak, mencuci, menyetrika, menyapu dan berbagai pekerjaan lainnya. Seperti itu jugalah seorang konsultan akan membantu pebisnis dalam berbagai pekerjaan bisnisnya sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat terwujud. Kami merupakan konsultan yang bergerak dibidang jasa studi kelayakan yang sudah berpengalaman, indepanden dan terpercaya.

Konsultan jasa studi kelayakan merupakan pihak yang berperan penting dalam mendirikan bisnis. Para pebisnis sangat memerlukan jasa studi kelayakan tersebut hal itu karena begitu rumit dan diperlukan keahlian khusus di bidang tersebut untuk mengerjakannya. Peran jasa studi kelayakan berada pada tahap perencanaan bisnis namun tahap ini merupakan salah satu penentu kesuksesan bisnis dan seorang pebisnis tidak akan bisa menghindari tahap ini. Jasa studi kelayakan akan mengkaji bisnis tersebut dari berbagai aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Aspek-aspek tersebut seperti aspek hukum, aspek lingkungan, aspek ekonomi, aspek teknis, aspek pasar, aspek sosial, aspek keuangan. Uraian singkat dari penyusunan studi kelayakan yang dilakukan pada artikel ini.

Internal Perusahaan

Untuk mengkaji bisnis tersebut dibutuhkan kolaborasi pihak konsultan dengan perusahaan. Dimana pihak konsultan akan memerlukan data internal perusahaan seperti  surat izin usaha, akte perusahaan, manajemen perusahaan, profil perusahaan dan berbagai hal yang berkaitan dengan internal perusahaan. Data tersebut pada umunya lebih kepada perijinan dari bisnis yang akan didirikan

Survey Lapangan

Pihak konsultan studi kelayakan akan melakukan survey lapangan terkait bisnis yang akan jalankan. Survey tersebut lebih kepada lokasi dari bisnis secara internal perusahaan yaitu lokasi yang strategis, akses jalan yang mudah dicapai, fasilitas pendukung bisnis seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, SPBU, Bank, Tempat Ibadah, sekolah dan lainya.

Survey Pasar

Konsultan jasa studi kelayakan juga akan melakukan survey pasar karena ini meruapakan ujung tombak dari suatu bisnis. Survey uang dilakuakan seperti bagaimana jumlah konsumen yang akan menggunakan bisnis tersebut, bagaimana persaingan dari bisnis yanga akan dijalankan. Apabila pasar dari bisnis yang akan dijalankan bagus dan persaingan bisnis tidak banyak maka akan sangat mendukung bisnis namun apabila sebaliaknya akan membahayakan bisnis

Data Sekunder

Konsultan studi kelayakan juga akan melakukan penjejakan data sekunder yang mempengaruhi bisnis yang akan dijalankan pada lembaga lain. Data yang diperlukan seperti jumlah penduduk, PDRB, Inflasi, suku bank, pertumbuhan ekonomi dan data-data yang mempengaruhi bisnis. Lembaga yang berkaitan Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia, Lembaga Negara yang memberikan kebijakan yang berkaitan dengan bisnis.

Penyusunan Laporan

Dari pengumpulan data yang dilakukan konsultan khususnya pihak surveyor akan disatukan dan dijadikan dalam bentuk laporan. Penyusunan laporan tersebut tidak akan lari dari aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis. Aspek-aspek yang dibahas seperti aspek hukum, aspek, lingkungan, aspek sosial, aspek ekonomi, aspek pasar, aspek teknis dan aspek keuangan.

Penyajian Laporan

Konsultan studi kelayakan akan menyajikan dan mendiskusikan hasil studi kelayakan dalam bentuk presentasi kepada pihak pemilik bisnis. Sehingga diperolah kesepakatan dan pemahan yang sama dari hasil studi dan pada akhirnya didapatkan keputusan yang terbaik dari bisnis yang akan dijalankan

Revisi

Tahap ini merupakan tahap akhir dari konsultan jasa studi kelayakan, hal ini dilakukan apabila pihak pemberi tugas ingin menyempurnakana atau memperbaiki hasil dari studi kelayakan bisnisnya.