Studi Kelayakan bisnis adalah penelitian yang mendalam terhadap suatu gagasan usaha atau bisnis tentang layak gagasan usaha tersebut untuk dilaksanakan. Gagasan usaha yang terburu-buru tanpa persiapan jelas sama saja dengan menarok leher ketiang gantungan. Jika ingin sukses memulai bisnis tidak hanya cukup dengan pengalaman dan pengetahuan namun di perlukan persiapan yang matang. Studi kelayakan  bisnis merupakan salah satu bagian dari persiapan bisnis atau usaha tersebut.

Studi kelayakan bisnis merupakan sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran bisnis tersebut seperti perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, teknologi, peralatan, target capaian, strategi pemasaran. Rencana bisnis menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Karena dalam studi kelayakan bisnis akan membahas aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Aspek yang umum dibahas dalam studi kelayakan seperti aspek hukum, aspek lingkungan, aspek teknis, aspek ekonomi, aspek pasar, aspek sosial dan aspek keuangan

Tujuan dilakukan studi kelayakan bisnis adalah untuk menghindari penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan. Ada lima tujuan, pentingnya dilakukan studi kelayakan bisnis yaitu:

1. Menghindari Resiko Kerugian

Studi Kelayakan bisnis bertujuan untuk menghindari resiko kerugian dimasa datang yang tidak penuh kepastian. Baik itu resiko yang dikendalikan maupun yang tidak dikendalikan.

2. Memudahkan Perencanaan

Perencanaan tentang apa yang terjadi dimasa yang akan datang dapat mempermudah dalam melakukan perencanaan. Perencanaan studi kelayakan bisnis tersebut meliputi:

  • Berapa jumlah dana yang dijalankan
  • Kapan usaha akan dijalankan
  • Dimana lokasi usaha yang akan dibangun
  • Siapa yang melaksanakan
  • Bagaimana cara melaksanakannya
  • Berapa besar keuntungan yang akan diperolah
  • Bagaimana cara mengawasi jika terjadi penyimpangan

3. Memudahkan pelaksanaan pekerjaan

Bagaimana rencana yang sudah disusun akan memudahkan dalam pelaksanaan bisnis. Rencana yang sudah disusun dalam studi kelayakan bisnis akan dijadikan acuan dalam pekerjaan setiap tahap usaha, sehingga suatu pekerjaan dapat dilakukan secara sistematis dan tepat sasaran sesuai rencana.

4. Memudahkan pengawasan

Pelaksanaan usaha yang sesuai rencana akan memudahkan untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya usaha. Pengawasan ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dari rencana yang telah disusun. Disamping itu, pelaksanaan usaha dapat dilakukan secara benar karena ada yang mengawasi dalam studi kelayakan bisnis.

5. Memudahkan Pengendalian

Adanya pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan dapat terdeteksi terjadinya suatu penyimpangan, sehingga dapat dilakukan pengendalian atas penyimpangan tersebut. Tujuan dari pengendalian studi kelayakan bisnis adalah untuk mengendalikan pelaksanaan pekerjaan yang melenceng, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.

Penggunaan studi kelayakan pada berbagai bisnis seperti pada kondisi memulai bisnis, mengambangkan bisnis dan pemilihan bisnis

a.Merintis bisnis baru

Seseorang yang akan merintis usaha baru diperlukan suatu studi keyalakan bisnis untuk mengetahui resiko-resiko akan bisnis dan memberikan kesimpulan tetang layak atau tidaknya bisnis itu untuk dijalankan

b.Mengembangkan bisnis yang sudah ada

Dalam mengembangkan usaha yang sudah ada bukan lah hal yang mudah terkadang pengembangan bisnis yang dilakukan dapat merugikan bisnis yang sudah ada. Oleh karena itu diperlukan studi kelayakan bisnis untuk meninjau hal tersebut apakah pengembangan bisnis yang dilakukan memberikan keuntungan yang berarti untuk bisnis yang sudah ada atau bahakan merugikan.

c.Memilih jenis bisnis atau investasi/proyek yang paling menguntungkan

Seringkali investor dan pelaku bisnis dihadapkan pada masalah untuk menentukan pilihan jenis bisnis atau investasi/proyek karena terbatasnya biaya untuk investasi. Agar pilihan investasi dapat optimal maka diperlukan adanya studi kelayakan bisnis untuk menentukan pilihan dari berbagai alternatif investasi yang ada.

Pada kesempatan ini PT. Grapadi Sejahtera Mandiri hadir membantu para pengusaha untuk membuat studi kelayakan bisnisnya.

Jasa Konsultan Statistik

Kategori: Artikel