Studi kelayakan merupakan ilmu manajemen yang tidak akan lepas dari suatu bisnis. Dalam studi kelayakan akan membahas menajemen dari tahap perencanaan pengorganisasian, pengkoordinasian, pengontrolan, pengawasan dan keuangannya. Studi kelayakan akan melakukan analisis manajemen dari berbagai aspek-aspek yang berkaitan dengan bisnis. Sehingga resiko-resiko dari bisnis tersebut akan dapat diminimalisir dan bahkan dihindari. Pada akhirnya analisis tersebut akan menentukan layak atau tidak nya suatu bisnis tersebut. Dalam studi kelayakan pengertian layakanya suatu bisnis apabila memberikan manfaat yang lebih besar daripada pengorbanan yang dilakukan.

Banyak yang mengartikan bisnis tersebut berhasil dengan berorientasi pada profit saja namun sering mengabaikan orientasi non profitnya. Apa saja orientasi profit dan orientasi non profit bisnis yang dikaji dalam studi kelayakan bisnis adalah sebagai berikut

Orintesi Profit suatu bisnis yang dikaji dalam studi kelayakan

Aspek Teknis/Produksi

Dalam kajian studi kelayakan bisnis aspek ini sangat lah berpengaruh kepada profit suatu bisnis, hal ini di sebabkan karena aspek teknis membahas investasi bisnis tersebut. Investasi yang dilakukan seperti perlalatan, mesin, bangunan, bahan baku, dan berbagai kegiatan teknis lainnya.

Aspek Ekonomi

Aspek ekonomi dalam studi kelayakan lebih membahas ke ekonomi makro yang mempengaruhi profit perusahaan. Ekonomi makro yang di bahas seperti Nilai rukar rupiah, Inflasi, PDB, PDRB, Pertumbuhan ekonomi nasional amaupun daerah objek.

Aspek Pasar

Aspek pasar adalah ujung tombak dari suatu bisnis karena ini merupakan pintu masuk dari suatu profit. Ada beberapa hal yang sangat memperngaruhi profit pada aspek ini seperti Strategi pemasaran, target pasar, peluang pasar, harga jual, pesaing bisnis. Dalam studi kelayakan aspek pesar memerlukan kajian yang lebih mendalam.

Aspek Keuangan

Dalam studi kelayakan aspek keuangan merupakan aspek yang sangat vital karena akan menjabarakan profit bisnis secara detail. Semua data yang mempengaruhi profit pada aspek-aspek sebelumnya akan di analisis pada aspek keuangan dan akan di kaji resiko-resiko bisnis yang mungkin terjadi. Hal yang dibahas yaitu investasi, RAB, laba rugi, arus kas, neraca keuangan dan analisis kelayakan seperti Net Present Value  (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP), Profitability Indeks (PI), Return On Invesment (ROI) dan Break Even Point (BEP).

Orintesi Non Profit suatu bisnis yang dikaji dalam studi kelayakan

Aspek yang dibahas pada studi kelayakan bisnis ini tidak berorientasi pada uang tetapi lebih kepada jasa dan kepercayaan. Adapun aspek-aspeknya sebagai berikut.

Aspek Sosial

Aspek sosial lebih membahas kepada lingkungan sekitar bisnis sehingga masyarakat yang berada di lingkungan tersebut dapat menerima bisnis yang kita dirikan. Hal yang dilakukan seperti merekrut karyawan dari lingkungan sekitar, melakukan pembangunan jalan, mesjid, sekolah atau fasiltas lingkungan lainnya. Bisnis tersebut pastinya harus memberikan manfaat sosial bagi lingkungan sekitar.

Aspek Hukum

Dalam studi kelayakan aspek ini merupakan aspek yang pertama yang harus diselesaikan seorang pebisnis. Aspek ini akan membahas syarat-syarat yang berkaitan dengan pendirian bisnis. Aspek hukum berupa akte pendirian perusahaan, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SEGITU (Surat Keterangan Izin Tempat Usaha), Izin HO (Hinder Ordonantie), TDP (Tanda Daftar Perusahaan),  NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Izin Mendirikan bangunan (IMB), Ijin PIL banjir dan data perusahaan lainnya

Aspek Lingkungan

Analisis yang dilakukan terhadap aspek ini yaitu untuk mengidentifikasi kelayakan bisnis yang dijalankan sesuai dengan standar lingkungan hidup yang ada. Metode yang digunakan untuk analisis lingkungan seperti Environmental Impact Analysis atau Environmental Impact Assessment yang keduanya disingkat dengan EIA.

Untuk membahas kajian tersebut di perlukan konsultan studi kelayakan yang berpengalaman, terampil, ahli dan terpercaya di bidang tersebut. Kami lah konsultan yang anda cari, agar anda dapat menggunakan jasa kami maka anda dapat menghubungi kami pada nomor kontak yang ada di laman web ini

Kategori: Artikel