Pekanbaru merupakan salah satu kota yang berada di timur pulau sumatera dan merupakan ibu kota provinsi riau. Kota Pekanbaru tumbuh pesat dengan berkembang industrinya terutama yang berkaitan dengan minyak bumi, kelapa sawit, perdagangan dan UMKM. Sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi kota pekanbaru merupakan tempat yang menjanjikan bagi pebisnis untuk membuka bisnisnya. Peluang bisnis tersebut harus dapat di eksekusi pada moment dan persiapan yang terencana. Jasa Konsultan studi kelayakan merupakan solusi yang dapat anda gunakan untuk mangatasi masalah tersebut.

Seorang pebisnis yang sudah memiliki ide dan modal belum tentu mampu untuk membuka maupun menjalankan bisnis. Dalam membangun dan menjalankan bisnis memerlukan berbagi pihak untuk mendukung bisnis tersebut. Seorang pebisnis tidak dapat berdiri sendiri untuk membuka dan menjalankan bisnisnya namun dia memerlukan seorang pendamping yaitu seorang konsultan bisnis. Konsultan bisnis dalam kajian ini ada dua kondis yaitu konsultan pada saat pendirian bisnis dan konsultan pada saat berjalannya bisnis tersebut. Sebagaimana kita tahu kota pekanbaru sebagai kota berkembang dan perkembangan nya sangat pesat membuat persaingan bisnis juga akan semakin ketat dikota tersebut. Oleh karena itu seorang pebisnis harus memiliki strategi-strategi khusus untuk memenangkan persaingan. Kami akan membahasnya mulai dari pendirian bisnis sampai bisnis tersebut memperoleh kesuksesan. Nama jasa tesebut adalah jasa konsultan studi kelayakan bisnis dengan uraian sebagai berikut.

Konsultan pada saat pendirian bisnis

Pada saat pendirian bisnis ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti modal, perijinan, lokasi bisnis, peralatan bisnis dan berbagai hal lainnya. Oleh karena itu disinilah peran jasa konsultan studi kelayakan untuk mendampingi persiapan pendirian bisnis tersebut. Sebagaimana kita tahu kota pekanbaru memilki iklim bisnis yang tinggi dan jug penduduk yang heterogen. Sehingga persiapan yang dilakukan harus terencana dan tangani oleh orang yang ahli dan berpengalaman di bidang tersebut.

Langkah-langkah yang dilakukan oleh jasa konsultan studi kelayakan secara umum adalah sebagai berikut

Aspek hukum

Jasa konsultan studi kelayakan akan membantu pebisnis menyusun perijinan yang berkaitan dengan bisnis dan menguji kelayakan dari perijinan yang sudah diproses.

Aspek Lingkungan

Jasa studi kelayakan akan mengkaji bagaimana dampak lingkungan yang diakibatkan bisnis yang akan didirikan an menguji kelayakan perijinan lingkungan yang sudah di urus.

Aspek Teknis

Jasa studi kelayakan akan menyusun apa saja peralatan yang diperlukan bisnis tersebut. Kemudian mencari, mengetahui dimana memperolah alat tersebut dan biaya pengadaannya.

Aspek Lokasi

Jasa studi kelayakan akan melakukan survey untuk menuntukan lokasi yang strategis bagi bisnis yang akan didirikan. Pertimbangan yang dilakukan untuk penentuan lokasi bisnis seperti mudah dijangkau oleh konsumen, dekat dengan konsumen, didukung dengan berbagai fasilitas atau dekat dengan sumber bahan baku.

Aspek Pasar

Jasa studi kelayakan akan mengkaji apakah bisnis yang akan didirikan memilik pasar atau tidak, bagaimana tingkat persaingan bisnis dan apakh bisnis tersebut menjanjikan dalam jangka panjang.

Aspek Manajemen

Jasa studi kelayakan akan menyusun struktur organisasi perusahaan, tugas dan tanggung karyawan dan prekrutan karyawan.

Aspek Keuangan

Jasa studi kelayakan akan menyusun laporan keungan bisnis dilihat dari investasi bisnis dan history bisnis lain. Hal yang disusun seperti laporan laba rugi, arus kas, neraca, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan resiko layak atau tidaknya bisnis tersebut.

Konsultan pada saat berjalannya bisnis

Pada saat berjalannya bisnis tersebut masih akan ada masalah yang akan di hadapi pebisnis seperti bagaimana mempertahankan pelanggan, bagaimana meningkatkan keuntungan, bagaimana memanajemen karyawan, bagaimana perawatan peralatan, bagaimana mengembangkan bisnis dan bagaimana mengelola laporan keuangan. Oleh karena itu agar bisnis anda dapat betahan di kota pekanbaru pebisnis harus terus melakukan continuous improvement terhadap bisnisnya. Untuk dapat melakukan melakukan dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut anda memerlukan jasa konsultan studi kelayakan.