Aceh merupakan kota paling barat indonesia dengan nama ibukota Banda Aceh. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan medan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan. Dengan letak aceh yang cukup startegis membuat aceh sebagai kota perdagangan dan dimulainya penyebaran agama islam melalui samudra hindia. Seiring waktu aceh menjadi salah satu kota berkembang yang ada di indonesia sehingga pembangunan mulai bertambah di kota serambi mekah tersebut. Pembangunan tersebut sejalan dengan masuknya investasi dan berkembangnya bisnis di aceh. Aceh juga memiliki sumber daya alam yang melimpah termasuk minyak, gas alam dan hutannya yang terletak sepanjang jajaran bukit barisan dari kutacane sampai Ulu masen. Dengan melihat potensi tersebut tidak heran jika banyak pebisnis dari luar daerah seperti medan, pekanbaru, padang, palembang bahkan dari jakarta.

Masyarakat aceh juga harus mampu memanfaatkan peluang bisnis tersebut karena memang mereka merupakan orang yang paling dekat dan paling tahu tentang aceh. Masyarakat aceh harus mampu menjadi pebisnis dari peluang bisnis yang ada didaerahnya. Pebisnis aceh akan lebih mengetahui aspek pasar, aspek lingkungan, aspek sosial, aspek hukum dan bahkan aspek ekonomi jika mendirikan bisnis di aceh. Namun kenyataanya orang aceh lebih banyak merantau ke kota medan untuk mencari penghidupan dari pada mengembangkan bisnis di aceh. Bisnis yang biasa dilakukan seperti berdagang sembako, mie aceh dan lain-lain. Melihat hal tersebut perlu dilakukan pendampingan atau perbiakan agar masyarakat aceh dapat memanfaatkan peluang tersebut. Perbaiakan tersebut Seperti pemerintah melakukan pelatihan bisnis, menumbukan jiwa berbisnis dalam masyarakat, pinjaman modal yang lebih mudah diperoleh, pengurusah ijin usaha yang lebih mudah dan berbagai hal lainnya.

Pada artikel ini akan di uraikan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam menjalankan bisnis baik yang baru membuka bisnis atau yang sedang mengembangkan bisnisnya. Dengan artikel ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa bisnis bagi masyarakat aceh.

Ide Bisnis

Dalam memulai bisnis diusakan ide bisnis harus unik beda dari yang lain. Untuk mendapatkan ide yang unik bukanlah sesuatu yang mudah, ide tersebut dapat diperoleh dari pendidikan, pengalaman, brainstorming dengan kawan (masyarakat aceh lainnya) atau pengembangan ide orang lain .

Modal

Modal merupakan hal yang utama yang harus dimiliki ketika memulai bisnis. Modal yang sedikit biasanya perputaran cash flow nya akan lebih lama dibanding dengan modal yang lebih besar. Untuk mendapatkan modal besar diperlukan pengorbanan yang besar pula dan bahkan dilakukan peminjaman kepihak ketiga seperti investor atau bank. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan seorang pebisnis dan disitulah dilihat keberanian seorang pebisnis.

Momentum

Pebisnis aceh harus mampu memanfaatkan momentum untuk memulai dan mengembangkan suatu bisnis. Momentum dimaksud berhubungan dengan  kemampuan pebisnis membaca situasi. Seperti kondisi lingkungan, kondisi ekonomi nasional atau kondisi lingkungan sosial bisnis.

Lokasi Strategis

Lokasi strategis merupakan faktor pendukung yang sangat menentukan penjulaan suatu bisnis. Dengan lokasi yang strategis akan menarik pembeli dari aceh yang berkunjung dan membeli produk/jasanya. Lokasi yang startegis seperti pembeli  yang berada disekitar lokasi, akses jalan yang mudah menuju lokasi bisnis, persaing yang sedikit, fasiltas umum yang sangat mendukung (SPBU, Musholla, rumah Sakit, Hotel, Sekolah dan lain-lain)

Perencanaan dengan Studi Kelayakan

Pebisnis aceh harus mampu membuat perencanaan bisnis atau menggunakan jasa studi kelayakan untuk membuatnya. Studi kelayakan merupakan studi yang dilakukan untuk membuat perencaan bisnis dengan mekaji aspek-aspek yang berkaiatan dengan bisnis. Aspek yang dikaji seperti aspek lingkungan, aspek hukum, aspek ekonomi dan sosial, aspek teknis, apek pasar dan aspek keuangan dan pada akhir laporan akan di tentukan layak atau tidak layaknya bisnis tersebut. Selain itu Studi kelayakan juga akan memberikan pertimbangan dari resiko-resiko kerugian yang dari bisnis.

Manajemen Pengawasan

Pebisnis aceh juga harus memiliki ilmu manajemen dalam menjalankan bisnisnya. Manajemen adalah salah satu cara untuk mengurangi kerugian dan meningkatkan keuntungan bisnis. Salah satu cara manajemen bisnis yaitu dengan melakukan pengawasan bisnis. Pengawasan bisnis merupakan suatu tindakan penyesuian antara perencaaan dengan kondisi real dilapangan. Pengawasan yang dilakukan seperti pengawasan pembangunan bisnis, pengawasan keuangan, pengawasan karyawan, pengawasan operasional bisnis dan lainnya.

Konsultan Studi Kelayakan

Konsultan Statistik