Jasa pengawasan bisnis merupakan suatu jasa konsultasi yang akan menjembatani pemilik bisnis dengan pihak bank. Untuk menjalankan suatu bisnis bukanlah hal yang mudah diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Bank merupakan salah satu pihak yang sangat berperan akan berdidirinya suatu bisnis dalam hal pemodalan bisnis. Bisnis yang memerlukan investasi yang besar akan sangat berat jika menggunakan modal sendiri sehingga diperlukan pijaman ke bank. Salah satu jalan agar kerjasama pemilik bisnis dengan pihak bank berjalan dengan baik diperlukan suatu pihak ketiga yaitu jasa pengawasan bisnis. Jasa pengawasan bisnis akan melakukan pengawasan terhadap pembangunan bisnis tersebut. Sehingga dana yang dipinjamkan pihak bank terhadap bisnis tersebut digunakan secara efektif dan efisien.

Jasa pengawasan

Jasa pengawasan bisnis merupakan jasa yang diperlukan khususnya di kota-kota besar dalah satunya kota medan. Kota medan sebagai kota metropolitan yang memiliki potensi pasar yang sangat besar untuk mendirikan bisnis di kota tersebut. Sebagai perusahaan yang profesional dan sudah berpengalaman dalam jasa pengawasan bisnis PT. Grapadi Sejahtera Mandiri hadir dikota medan. Jasa pengawasan bisnis yang sering dilakukan PT. Grapadi Sejahtera Mandiri dikota medan seperti jasa pengawasan bisnis apartemen, hotel, perumahan, mall, sekolah, restoran, cafe dan berbagai bisnis lainnya.

Tujuan Jasa Pengawasan Bisnis

Maksud dan tujuan dilakukan pengawasan oleh konsultan terhadap bisnis adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui progres pembangunan fisik yang telah dicapai saat ini berupa pekerjaan infrastruktur, dan pekerjaan pembangunan sesuai RAB yang sudah disetujui
  2. Untuk mengevaluasi biaya pembangunan proyek yang telah dikeluarkan hingga tanggal pelaporan sehingga dapat diketahui perkembangan proyek dengan melihat penggunaan dana yang telah diberikan bank terhadap pembangunan fisiknya.
  3. Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan oleh pihak Bank untuk melakukan pembiayaan proyek sampai selesai.

 

Ruang Lingkup Jasa Pengawasan Bisnis

Lingkup pekerjaan evaluasi proyek pembangunan bisnis sebagai berikut :

Pemeriksaan Fisik dan Biaya Proyek

Pemeriksaan fisik yang dimaksud adalah fisik dan biaya pembangunan dibandingkan dengan rencana proyek yang telah disetujui oleh Bank.

Evaluasi Dokumen Pendukung

Memeriksa kelengkapan serta kebenaran data yang ada, baik yang telah disahkan atau disetujui, maupun peraturan-peraturan lain yang wajib dipenuhi didalam pelaksanaan pembangunan bisnis.

 

Metode Jasa Pengawasan Bisnis

Peninjauan Lokasi

Kunjungan lapangan dalam rangka pemeriksanaan fisik dan wawancara dengan pihak manajemen, instansi terkait serta pengumpulan data/informasi lapangan dan  secara langsung mengevaluasi perkembangan bisnis di lapangan.

Dasar Laporan

Laporan pengawasan bisnis disusun berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari manajemen Perseroan baik secara lisan maupun tertulis serta penugasan pengawasan atas dasar perintah kerja dari pihak perbankan dan pihak konsultan.