Jasa studi kelayakan hotel umumnya kini menjadi bahan pertimbangan bagi calon investor guna memperoleh informasi secara obyektif. Adapun informasi atau penilaian tersebut berkaitan dengan prospek usaha. Tujuannya sendiri yaitu memudahkan pengambilan keputusan apakah sebuah hotel yang diteliti layak mendapatkan kredit atau modal. Kajian ini biasanya meliputi berbagai macam aspek penting.

Aspek penting tersebut terdiri dari empat hal yang meliputi aspek pemasaran, organisasi, teknis dan manajemen. Ada pula yang menambahkan aspek yuridis atau legalitas dalam kajian yang dilakukan. Selain aspek di atas, jasa studi kelayakan hotel juga meninjau aspek finansial. Setelah kajian selesai dilakukan investor akan mendapatkan laporan mengenai hasilnya dan bisa mengambil keputusan.

Kelayakan Hotel Berdasarkan Legalitas

Salah satu bahan analisa jasa studi kelayakan hotel adalah legalitas. Aspek yang satu ini secara umum berkaitan dengan legalitas dari bisnis yang dijalankan. Misalnya saja kelengkapan dokumen yang merujuk resmi tidaknya bisnis hotel, dokumen yang menunjukkan legalitas perusahaan dan izin pembangun proyek hotel. Berikut macam-macam dokumen yang menunjukkan kelayakan hotel dari sisi legalitasnya.

1. Dokumen yang merujuk legalitas perusahaan

Sebuah bisnis hotel yang legal bisa dibuktikan dengan dokumen penunjang. Dokumen ini meliputi akta pendirian perusahaan atau hotel, akta tentang perubahan perusahaan, dokumen atau surat pengesahan mengenai pendirian dan perusahaan usaha yang disahkan oleh Kemenkumham.

2. Dokumen yang merujuk legalitas usaha

Selain akta perusahaan, dokumen legalitas usaha diperlukan dalam studi kelayakan sebuah usaha. Dokumen tersebut diantaranya surat pajak yang terdaftar, NPWP, SKDU atau SKDP, SIUP atau penggantinya, TDP, dan dokumen pendukung perizinan operasional usaha.

3. Dokumen yang merujuk izin pembangunan

Izin pembangunan gedung dalam hal ini hotel juga akan menjadi perhatian jasa studi kelayakan hotel. Sebuah bangunan usaha yang legal umumnya disertai dengan dokumen Izin Prinsip, Izin Pendirian Bangunan, Site Plan, Izin Amdal, Izin HO dan dokumen perizinan yang merujuk pada pembangunan gedung lainnya.

Kelayakan Hotel Berdasarkan Teknis

Aspek teknis dalam sebuah studi kelayakan juga populer dengan sebutan aspek produksi atau operasional. Sebagaimana namanya, studi ini mengarah pada hal-hal yang berhubungan dengan operasional sebuah prospek bisnis pada umumnya. Dalam penerapannya, kajian tersebut mempertimbangkan beberapa hal. Tiga hal penting yang menjadi pertimbangan jasa studi kelayakan hotel diantaranya sebagai berikut ini.

1. Penentuan tata letak bangunan, luas sampai lokasi hotel

2. Spesifikasi alat-alat yang digunakan, mesin dan bangunan hotel

3. Pelaksanaan produksi dan sistem operasional dalam rencana bisnis

Kelayakan Hotel Berdasarkan Pemasaran

Sebuah studi yang mengkaji lebih dalam mengenai layak tidaknya rencana bisnis hotel juga melibatkan financial dan pemasaran. Aspek yang satu ini biasanya melibatkan perhitungan potensi pasar yang dihubungan dengan kesesuaian daerah tempat bisnis beroperasi. Kajian dalam aspek ini akan membahas mengenai hal-hal mendasar sampai kondisi ekonomi. Seperti beberapa poin pembahasan berikut ini.

1. Tingkat persaingan yang dihasilkan dari aktivitas bisnis

2. Potensi pasar bila dilihat dari lokasi bisnis yang akan dioperasikan

3. Kondisi pasar mulai dari segmentasi pasar sampai lokasi bisnis yang direncanakan

4. Kondisi ekonomi secara global sampai ekonomi makro di Indonesia

5. Hal lain yang berkaitan dengan pemasaran

Dari semua aspek kajian di atas nantinya akan dihubungkan dengan aspek finansial. Hal ini mengingat finansial menjadi tonggak dari semua faktor yang dipertimbangkan. Finansial tersebut dikuantifikasi dalam jangka waktu tertentu yang diproyeksikan ke dalam mata uang Rupiah. Aspek finansial juga nantinya akan mempengaruhi dokumen yang dihasilkan jasa studi kelayakan hotel.