Jasa Studi Kelayakan Pelabuhan

Pelabuhan merupakan pintu masuk suatu barang/penumpang yang berpada di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Pelabuhan adalah salah satu jalur transportasi yang sangat vital. Dimana pelabuhan merupakan salah satu faktor yang menentukan majunya suatu kota. Sehingga kota-kota besar yang ada di indonesia sangat didukung oleh sebuah pelabuhan. Selain itu pelabuhan juga pintu masuknya barang ekspor dan barang yang ingin diimpor.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya menunjukkan pelabuhan merupakan hal yang sangat penting keberadaannya di suatu kota. Sehingga dalam membangun suatu pelabuhan diperlukan suatu perencanaan yang matang dan terstruktur. Bagi pemerintah atau bagi perusahaan yang akan mengembangkan pelabuhan diperlukan stau perncanaan yang disebut dengan studi kelayakan pelabuhan. Studi kelayakan pelabuhan merupakan hal yang wajib dibuat sebelum membangun atau mengembangkan suatu pelabuhan. Fungsi daru suatu studi kelayakan pelabuhan bukan hanya sebagai syarat administratif pada legalitas pendirian pelabuhan tersebut tetapi lebih dari pada itu studi kelayakan pelabuhan juga dapat di gunakan untuk jaminan peminjaman uang ke bank jika modal pengembangan pelabuhan masih kurang, selain itu studi kelayakan pelabuhan juga dapat digunakan oleh internal perusahaan atau pemerintan yang akan mengembangkan pelabuhan sebagai dasar pengambilan keputusan atau sebagai pengontrol kegiatan pelabuhan tersebut.

Tujuan dari jasa studi kelayakan pelabuhan secara garis besar adalah untuk melihat layak atau tidak suatu bisnis pelabuhan tersebut dijalankan. Namun jauh dari hal tersebut sebenarnya cakupan dari jasa studi kelayakan pelabuhan sangat lah luas. Hal tersebut di tunjukkan dari berbagi hal yang akan di bahas pada kajian jasa studi kelayakan pelabuhan tersebut. Dalam jasa studi kelayakan pelabuhan akan di bahas berbagi hal seperti aspek-aspek yang berkaitan dengan pelabuhan tersebut. Sehingga nantinya keputusan ataupun saran dari jasa studi kelayakan pelabuhan tidak memberikan hasil yang keliru atau salah. Aspek-aspke yang umum di bahas dalam jasa studi kelayakan pelabuhan seperti aspek legal, aspek lingkungan, aspek ekonomi makro, aspek pasar, aspek teknis, aspek lokasi, aspek sosial dan aspek keuangan.

Pada kesempatan ini akan di bahas beberapa aspek yang berkaitan dengan studi kelayakan pelabuhan.

Aspek Legal

Dalam Jasa Studi Kelayakan Pelabuhan dimana yang di bahas dalam aspek legal adalah aturan-aturan yang berkaitan dengan pendirian pelabuhan tersebut. Seperti zoning lokasi pelabuhan, peraturan-peraturan pendirian pelabuhan, peraturan impor-ekspor, peraturan daerah lokasi pendirian pelabuhan dan berbagai peraturan lainnya.

Aspek Teknis

Dalam Jasa Studi Kelayakan Pelabuhan dimana yang di bahas dalam aspek teknis adalah berkaitan dengan peralatan, mesin-mesin pendukung pelabuhan, lokasi pelabuhan yang strategis dan aspek teknis lainnya yang mendukung pendirian pelabuhan

Aspek Ekonomi Makro

Dalam Jasa Studi Kelayakan Pelabuhan dimana yang di bahas dalam aspek eknomi makro adalah berkaitan dengan ekonomi nasional dan ekonomi daerah pendirian lokasi pelabuhan. Seperti pertumbuhan ekonomi nasional, inflasi, nilai tukar rupiah, nilai suku bunga, PDRB, PDB dan kondisi ekonomi daerah tersebut.

Aspek Pasar

Dalam Jasa Studi Kelayakan Pelabuhan dimana yang di bahas dalam aspek pasar adalah berkaitan dengan pasar yang akan menggunakan pelabuhan tersebut. Seperti potensi pasar yang akan menggunakan pelabuhan, pesaing atau pelabuhan yang sudah beroperasi sekitar wilayah lokasi objek kajian dan terkahir berapa pasar yang dapat di ambil oleh objek kajian.

Aspek Keuangan

Dalam Jasa Studi Kelayakan Pelabuhan dimana yang di bahas dalam aspek Keuangan adalah hal-hal yang berkaitan dengan keuangan pendirian pelabuhan tersebut seperti besarnya investasi, proyeksi laba-rugi, proyeksi arus kas, neraca keuangan, NPV, IRR, BEP, PayBack Periode dan analisis keuangan lainnya.

Jasa Studi Kelayakan