Konsultan Studi Kelayakan Pabrik

Pabrik merupakan bangunan di mana parapekerja mengolah bahan baku atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi. Proses tersebut di bantu dan didukung mesin dan peralatan yang telah disediakan. Kebanyakan pabrik modern memiliki gudang atau fasilitas serupa yang besar yang berisi peralatan berat yang digunakan untuk lini perakitan. Pabrik mengumpulkan dan mengkonsentrasikan sumber daya pekerja, modal dan mesin industri.

Dengan banyaknya pihak yang terkait dalam pendirian pabrik tersebut sehingga diperlukan suatu perencanaan yang terjadwal dengan perhitungan yang matang. Seorang investor atau pemilik usaha tidak akan berpikir panjang untuk menggunakan konsultan  studi kelayakan pabrik dalam membuat perencanaan pendirian pbariknya. Selain banyaknya pihak yang terkait dalam pendirian pabrik juga invesntasi yang dikeluarkan sangat besar. sehingga seorang pemilik usaha tidak akan mau rugi dengan percuma dan sia-sia. Memang penggunaan jasa konsultan studi kelayakan akan memerlukan biaya namun tidak akan sebanding dengan resiko yang akan menghantui si pemiliki usaha jika mendirikan pabrik.

Konsultan studi kelayakan merupakan suatu jasa perencanaan suatu usaha yang akan didirikan atau usaha yang akan dikembangkan. Konsultan studi kelayakan akan dikerjakan oleh orang-orang yang profesional, indepanden, terpercaya dan berpengalaman. Beberapa hal yang akan diperolah dari konsultan studi kelayakan pabrik dimana dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan internal perusahaan, evaluasi perusahaan. Manfaat ekternal dari studi kelayakan pabrik seperti

Konsultan studi kelayakan pabrik tidak perlu diragukan lagi untuk dilaksanakan jika seorang pengusaha ingin mendirikan pabrik. Ada beberapa resiko yang dapat terjadi dalam pendirian pabrik seperti tidak adanya ijin pendirian pabrik, tidak adanya ijin AMDAL dan berbagai ijin lainnya. Kemudian kurangnya investasi dalam mendirikan pabrik untuk membeli mesin dan peralatan pabrik. Tidak adanya pengkajian yang lebih mendalam tetang pasar dan alur distribusi bahan baku dan produk jadi pabrik. Tidak adanya analisis perecanaan dan analisis keuangan yang tersusun dalam laporan keuangan. Sehingga konsultan studi kelayakan pabrik adalah solusi untuk mengkaji resiko-resiko tersebut. Dalam studi kelayakan pabrik akan di kaji berbagi aspek-aspek yang berkaiatan dengan pabrik. Aspek-aspek yang umum dikaji dalam studi kelayakan seperti aspek hukum, aspek sosial, aspek ekonomi, aspek teknis, aspek lingkungan, aspek manajemen, aspek pasar dan aspek keuangan.

Jasa Statistik