Simulasi Monte Carlo adalah simulasi tipe probabilitas yang mendekati solusi sebuah masalah dengan melakukan sampling dari proses acak. Simulasi Monte Carlo melibatkan penetapan distribusi probabilitas dari sebuah variable yang dipelajari dan kemudian dilakukan pengambilan sampel acak dari distribusi untuk menghasilkan data. Ketika sistem terdapat elemen-elemen yang memperlihatkan perilaku yang cenderung tidak pasti atau probabilistik maka metode simulai Monte Carlo sapai diterapkan.

Simulasi Monte Carlodikenal juga dengan istilah Sampling Simulation atauĀ Monte Carlo Sampling Technique. Sampling simulation ini menggambarkan kemungkinan penggunaan data sampel dalam metode Monte Carlo dan juga sudah dapat diketahui atau diperkirakan distribusinya. Simulasi ini menggunakan data yang sudah ada (historical data) yang sebenarnya dipakai pada simulasi untuk tujuan lain. Dengan kata lain, apabila menghendaki model simulasi yang mengikutsertakan random dan sampling
dengan distribusi probabilitas yang dapat diketahui dan ditentukan maka cara simulasiĀ Monte Carlo ini dapat dipergunakan. Metode simulasi Monte Carlo ini cukup sederhana dalam menguraikan ataupun menyelesaikan persoalan, termasuk dalam penggunaan programnya di komputer.

Berbeda dengan Analisis sensitivitas dalam studi kelayakan yang merupakan analisis yang dilakukan untuk mengetahui akibat dari perubahan parameter-parameter produksi terhadap perubahan kinerja sistem produksi dalam menghasilkan keuntungan. Dengan melakukan analisis sensitivitas maka akibat yang mungkin terjadi dari perubahan-perubahan tersebut dapat diketahui dan diantisipasi sebelumnya. Sementara Simulasi Monte Carlo lebih digunakan untuk melihat persentasi probabilitas analisis kelayakan (NVP, IRR, PP, BEP dan lain-lain) yang akan terjadi beberapa tahun kedepan dengan melihat distribusi setiap variabel bebas sistem tersebut.

Langkah-langkah Analisis Monte Carlo dalam Studi Kelayakan Simulasi Monte Carlo

Penentuan Variabel

Dalam suatu sistem ada yang namanya variabel bebas dan varialbel terikat. Penentuan variabel yang akan di uji dalam simulasi monte carlo adalah variabel bebas.

Pengumpulan Data

Data yang akan dikumpulkan dalam simulasi monte carlo adalah data variabel bebas pada histori sebelumnya. Diharapkan data histori tersebut lebih dari satu periode sehingga lebih mudah melakukan pengujian distribusi variabel tersebut.

Pengujian DistribusiĀ 

Selanjutnya pengujian distribusi setiap variabel dapat menggunakan software arena dan software statistik lainnya. Sehingga nantinya akan diperoleh jenis distribusi setiap variabel tersebut.

Pembangkitan Bilangan Random Sesuai Distribusi

Sesuai dengan hasil pengujian distribusi sebelumnya, maka selanjutnya akan di bangkitkan bilangan random sesuai dengan distribusinya. Pembangkitan bilangan random dapat dilakukan dengan Software minitab, PowerSim ataupun Software statistik lainnya.

Simulasi Monte Carlo

Kemudian dilakukan simulasi dari sistem tersebut dengan menghubungkan setiap variabel menggunakan Software PowerSIM. Simulasi tersebut akan disimulasikan dalam beberapa tahun kedepan.

Analisis Simulasi Monte Carlo

Analisis Simulasi Monte Carlo dengan melihat probabilitas NVP, IRR, PP, BEP dan analisis kelayakan lainnya. Dengan semakin banyak pengulangan yang dilakukan pada simulasi yang dilakukan maka akan semakin akurat hasil yang analisis monte carlo yang dilakukan.

Kami merupakan konsultan Profesional, Independen, Terpercaya dan Berpengalaman dalam konsultasi studi kelayakaan. Sebagai konsultan studi kelayakan kami juga menyediakan jasa analisis simulasi monte carlo dalam menganalisis studi kelayakan. Anda dapat menghubungi kami pada laman kontak yang ada pada web ini atau menghubungi kami di No Handphone/whatsapp : 0812-6080-8620.