Menjamurnya bisnis yang berbasis digital, membuat konsultan studi kelayakan bisnis aplikasi juga semakin banyak dicari. Tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan manusia. Berbagai aktivitas dan pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan dengan ada kemajuan teknologi tersebut.

Salah satu bukti perkembangan signifikan salam bidang teknologi adalah munculnya berbagai aplikasi yang mampu mempermudah aktivitas manusia. Aplikasi tersebut meliputi berbagai macam sektor mulai dari komunikasi, informasi, hiburan hingga ekonomi. Hadirnya beragam aplikasi tersebut tak lepas dari peran besar perusahaan software developer di belakangnya.

Bagi sebuah perusahaan software developer, membuat aplikasi yang bisa diminati banyak orang bukanlah yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan riset, perencanaan dan juga penanganan terstruktur, agar aplikasi yang diciptakan nantinya mampu diterima oleh masyarakat dan pastinya bisa mendatangkan keuntungan untuk perusahaan. Maka tidak heran, jika konsultan studi kelayakan bisnis aplikasi kerap digunakan membantu menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Seorang konsultan studi kelayakan bisnis memiliki peran cukup besar dalam keberhasilan sebuah bisnis termasuk bisnis aplikasi ini. Pasalnya mereka akan memberikan masukan kepada perusahaan software developer apakah aplikasi yang telah direncanakan layak dijalankan atau tidak. Hal ini berdasarkan hasil riset dan penelitian yang telah mereka lakukan, sehingga hasilnya pun bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis termasuk bisnis aplikasi, melakukan studi kelayakan bisnis memiliki tujuan yang sangat penting. Beberapa diantaranya seperti memudahkan perencanaan perusahaan, memudahkan pelaksanaan kerja, menghindari kerugian, memudahkan pengawasan, dan juga memudahkan proses pengendalian jika terjadi hal-hal tak diinginkan. Itulah sebabnya peran konsultan studi kelayakan bisnis aplikasi menjadi sangat penting.

Aspek-aspek dan Ruang Lingkup Studi Kelayakan Bisnis yang Harus Diperhatikan

Dalam melakukan tugasnya, seorang konsultan studi kelayakan bisnis melakukan berbagai analisis terhadap banyak aspek, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Aspek hukum

Sebagai warga negara yang baik, semua orang harus taat hukum termasuk juga bagi perusahaan aplikasi atau software aplikasi. Untuk itu, konsultan studi kelayakan bisnis harus membahas dan menganalisis mengenai beberapa hal, seperti aspek legal perusahaan serta memastikan aplikasi yang akan dijalankan tidak bertentangan dengan hukum.

2. Aspek manajemen

Aspek ini meliputi banyak hal seperti analisis pengalaman dan kapabilitas pengurus perusahaan, analisa rencana tenaga kerja hingga gambaran umum perusahaan. Selain itu, juga struktur organisasi, hubungan kerjasama dengan badan lain, rencana pengembangan kualitas, serta review atas laporan sistem administrasi perusahaan.

3. Aspek pemasaran

Aspek selanjutnya yang tak kalah penting untuk dianalisis adalah aspek pemasaran. Konsultan studi kelayakan bisnis aplikasi akan membantu perusahaan untuk menentukan pasar sasaran dengan melakukan segmentasi pasar. Hal ini penting dilakukan agar produk perusahaan nantinya mampu memenuhi permintaan pasar, sehingga bisa mendatangkan keuntungan untuk perusahaan.

4. Aspek financial

Merealisasikan sebuah bisnis aplikasi tentunya membutuhkan modal. Akan tetapi peran konsultan studi kelayakan bisnis tidak hanya menganalisis kebutuhan modal, namun juga menganalisis perkiraan arus kas. Diantaranya yaitu dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti payback period, net present value, internal rate of return dan profitability serta break event point.

Itulah ulasan menarik seputar jasa konsultasi studi kelayakan dalam bisnis aplikasi yang perlu anda ketahui. Perkembangan teknologi memang membuka peluang besar untuk pelaku bisnis software atau aplikasi untuk bisa mengembangkan bisnis yang dimiliki. Agar bisnis yang direncanakan bisa segera direalisasikan, penggunaan konsultan studi kelayakan bisnis aplikasi sangat diperlukan untuk membantu bisnis berjalan sesuai dengan rencana.