Menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis! Hal ini merupakan hal penting yang ditujukan bagi para pengusaha dari kelas menengah hingga atas. Pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) selayaknya diberikan pendampingan bisnis efisien agar bisnis yang sedang dijalankan dapat memenuhi target dan meningkat secara ekonomi.

Di Indonesia sendiri, menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis bagi usaha kecil menengah masih belum banyak dilakukan. Padahal potensi pasar Indonesia khususnya untuk UMKM sangat besar. Apabila pendampingan bisnis dikembangkan, maka akan memajukan sektor bisnis UMKM di Indonesia.

Beberapa upaya pemerintah untuk memajukan UMKM di Indonesia dinilai sudah cukup baik. Salah satu contoh pendampingan bisnis yang dilakukan yaitu pengembangan sektor UMKM di Kota Tangerang.

Pada tahun 2017 lalu, Dinas Koperasi dan UMKM di kota tersebut melakukan survei dan pendataan UMKM yang ada di sana. Survei dilakukan karena terdapat hambatan bagi para pelaku usaha seperti menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis.

Masalah permodalan menjadi masalah cukup krusial bagi sektor UMKM di Tangerang. Pemantauan dilakukan secara rutin dan membuat database khusus UMKM kemudian dari dinas tersebut melaporkan ke Kementerian Keuangan dan Bank untuk mengatasi masalah permodalan. Hal ini dilakukan agar permodalan pelaku UMKM dapat di pantau secara efisien oleh pihak bank.

Salah satu tugas besar bagi pendamping bisnis adalah menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis dengan cara memfasilitasi para pelaku usaha agar usaha bisnis mereka berkembang dengan baik.

Pendampingan dilakukan tidak hanya mendata perkembangan pelaku usaha menjalankan bisnisnya saja, namun juga pendampingan non fisik seperti motivasi dan pendampingan karakter.

Hal di atas seharusnya dilakukan karena di dalam bisnis bukan hanya tentang bagaimana Menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis mencapai target bisnis secara ekonomi dan masalah teknis lainnya, tapi juga ketahanan mental seorang pelaku usaha juga mempengaruhi jalannya bisnis.

Oleh karena itu, dukungan moral untuk meningkatkan kesehatan psikologis seorang pelaku usaha juga tidak kalah penting. Selama ini, konsultan penyedia jasa pengembangan dan pendampingan bisnis kebanyakan masih hanya melakukan pendataan perkembangan target bisnis secara teknis saja.

Pendamping yang menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis tidak memberikan motivasi bagaimana menghadapi tantangan bisnis dan perihal solusi masalah lainnya. Pendampingan karakter seharusnya dilakukan agar ketika ada masalah saat menjalankan bisnis.

Para pelaku usaha dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memutuskan solusi dengan baik. Kekuatan mental dalam berbisnis dibutuhkan untuk menghadapi semua masalah, hambatan dan tantangan yang ada.

Karakter setiap UMKM pasti berbeda, sehingga masalah dan tantangan yang dihadapi juga berbeda. Selain itu, juga karakter setiap pelaku usaha berbeda. Perbedaan karakter ini menjadikan bentuk pendampingan juga berbeda. Apalagi dalam menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis.

Pendamping dalam menyediakan jasa pengembangan pendampingan bisnis juga harus mengetahui bagaimana memberikan masukan dan saran kepada sumber daya setiap UMKM. Pendamping harus bisa menyikapi perbedaan karakter pelaku usaha agar masalah bisnis yang dihadapi pelaku bisnis dapat diselesaikan dengan baik.

Sebagai seorang pendamping, selayaknya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Mengapa? Karena setiap pelaku bisnis yang menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis memiliki kultur berbeda. Hal ini dapat dipengaruhi oleh latar belakang dan lokasi bisnis para pelaku usaha.

Pendamping haruslah dapat menjelaskan maksud dari tujuan pengembangan bisnis dan pendampingan bagi pelaku bisnis tersebut. Sektor bisnis tingkat atas seperti contoh perusahaan perseroan terbatas mungkin mudah dalam memahami penjelasan seorang konsultan atau pendamping bisnisnya.

Namun, bagaimana dengan pelaku usaha menengah ke bawah seperti UMKM tentu membutuhkan penjelasan yang mudah agar bisa dipahami. Dalam hal ini, pendamping dalam menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis harus mampu menjelaskan kepada mereka dengan bahasa yang mudah agar tujuan dan target bisnisnya tercapai.

Pendamping dalam menyediakan jasa pengembangan dan pendampingan bisnis sangat penting mengingat sektor UMKM di Indonesia memiliki potensi pasar yang baik. Tentunya, pendamping dapat betul-betul memfasilitasi dan mendampingi para pelaku usaha agar sektor bisnis dapat berkembang dengan baik. Harapannya, pendamping dapat membantu pemerintah mendukung program UMKM di Indonesia.