Jasa Pembuatan Proposal Bisnis (Bisnis Plan) merupakan Konsultan Bisnis melayani kebutuhan konsumen yang ingin membuat bisnis plan di bidang apapun. Proposal bisnis dipersiapkan secara cerdas dan cermat dengan melihat sumber internal dan eksternal yang dimiliki. Perspektif proposal bisnis mengedepankan 2 aspek :

(1) membuat skema bisnis sendiri yang sudah disusun dengan skema bisnis orang lain yang akan dikerjasamakan.

(2) membuat skema bisnis sendiri yang sudah disusun dengan skema bisnis sendiri. Jasa pembuatan proposal bisnis bisa gratis dan bisa juga bayar. Proposal bisnis yang akan dikerjasamakan harus memuat indentifikasi diri dan SWOT (Strength, Weakness, Oppurtinity, Threats).

 

Faktor – Faktor Proposal Bisnis (Bisnis Plan)

Apabila belum mengerti secara teknis menyusun bisnis plan, maka bisa menggunakan Jasa Pembuatan Proposal Bisnis (Bisnis Plan). Pihak terkaitlah yang segera menindaklajuti dengan melakukan kajian terhadap bisnis inti dan bisnis orang lain yang akan dikerjasamakan. Biaya konsultan independen ini tidak murah tapi hasilnya memuaskan.

Konsultan bisnis segera mengerahkan team ke lokasi untuk melakukan survey teoritis dan survey praktik. Team akan mempelajari rencana organisasi bisnis ke depannya apakah bisa melebar ke bisnis lain atau tidak dan akan melibatkan karyawan senior untuk mendalami kebutuhan perusahaan secara sempit dan luas.

Survei sebagai Pengumpulan Data Primer

Jasa Pembuatan Proposal Bisnis (Bisnis Plan) mengumpulkan informasi dengan kajian survey. Harapannya bisa dijadikan masukkan positif dalam menyusun skema bisnis baru. Rencana bisnis harus disusun apabila ingin melebarkan sayap ke bisnis sejenis ataupun bisnis yang tidak sejenis. Informasi dalam bentuk survey ini yang selanjutnya disimulasikan.

Membuat simulasi bisnis tidaklah sulit karena mencoba mengimplementasikan hasil survey ke dalam bisnis  inti. Apabila hasilnya berjalan sesuai rencana, maka lanjutkan tapi apabila tidak sesuai rencana, maka lakukan perubahan ulang dan seterusnya. Pimpinan perusahaan yang akan disurvei harus melibatkan semua aspek untuk terlibat di dalamnya.

Karyawan sebagai Stake holders

Karyawan merupakan salah satu pemangku kepentingan yang bekerja di dalamnya. Jasa Pembuatan Proposal Bisnis (Bisnis Plan) akan melibatkannya karena pihak karyawan lah yang kelak menerapkannya secara langsung. Apabila bisnis plan ini sudah terealisasi maka segera dibuatkan regulasi baru yang mengelola dan budaya kerja yang mengaturnya.

Membuat regulasi dan budaya kerja baru ke dalam tatanan lama tidaklah mudah plus membutuhkan waktu. Tidak bisa sembarangan memberi sanksi atau mengeluarkan karyawan senior yang tidak setuju dengan budaya kerja tersebut. Pimpinan harus bijak dalam menyikapi permasalahan ini dengan melakukan pendekatan persuasif.

Identifikasi Perusahaan

Organisasi bisnis apapun harus memiliki jati diri yang dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Kalaupun belum dikenal orang, maka pemilik bisnis tersebut harus memperkenalkan kendaraan bisnisnya melalui iklan, poster, dan lain – lain. Jasa Pembuatan Proposal Bisnis (Bisnis Plan) hadir dan menjembatani masalah ini supaya bisa diselesaikan.

Mengenalkan jati diri perusahaan ke masyarakat membutuhkan durasi waktu yang tidak sedikit. Tapi itu lebih baik daripada tidak dikenal sama sekali. Jati diri tidak hanya nama besar perusahaan tapi juga menyangkut aspek bisnis, produk, dan pemasaran plus segmentasinya. Capailah sasaran perusahaan dengan membuat Visi dan Misi yang menyangkut semua personifikasi di dalamnya.

Inilah ulasan singkat tentang Jasa Pembuatan Proposal Bisnis (Bisnis Plan) yang sederhana. Penulis menyadari tulisan ini masih jauh dari sempurna. Masukkan dan rekomendasi positif diharapkan untuk perbaikan artikel yang berkelanjutan. Penulis berharap artikel ini memberikan manfaat kepada lapisan masyarakat. Salam Literasi.