Jasa riset marketing perusahaan akan terus bertumbuh seiring dengan pesatnya perkembangan dunia usaha dan bisnis.

Hidup di dunia memang tidaklah mudah. Ada banyak tantangan batin maupun lahiriah yang menyelimuti dan menjadi spirit bagi setiap manusia untuk menahlukannya. Tidak ada manusia yang ingin hidupnya menderita meskipun ia lahir dari keluarga dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Setiap hari menjadi ajang perlombaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal apa pun termasuk perihal ekonomi atau finansial. Salah satu  bidang yang menjanjikan saat ini adalah usaha jasa penelitian pasar atau market research service.

Usaha di bidang jasa pemasaran akan senantiasa mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah perusahaan yang ada di tanah air. Banyak ahli dan pakar ekonomi pun ikut mengamini fakta tersebut. Salah satu di antaranya ialah Ali Purba, manager utama SEIN Corpora. Ali menyatakan bahwa usaha jasa riset marketing perusahaan cukup menjanjikan ke depannya. Pendapatnya tersebut didasarkan pada fakta banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang jor-joran guna memaksimalkan pemasaran.

Menurut beberapa pengamat

Para pemimpin perusahaan tersebut bahkan bersedia menyewa jasa research pemasaran yang harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Ratusan juta rupiah rela digelontorkan guna mengoptimalkan pemasaran perusahaan mereka. Ali Purba menambahkan bahwa usaha jasa riset marketing perusahaan memiliki peluang yang bagus bahkan excellent. Jumlah perusahaan kian bertambah, otomatis mereka akan saling bersaing satu sama lain demi memenangkan pasar.

Perusahaan SEIN Corpora merupakan contohnya. Mereka dapat bertahan selama tiga belas tahun sampai saat ini juga karena andil jasa marketing research. Tentu, tidak ada perusahaan yang ingin rugi apalagi sampai pailit dan bangkrut maka tidak heran jika banyak perusahaan yang memakai jasa market research untuk meningkatkan omzet atau paling tidak menjaga kestabilan finansial perusahaan.

Selain Ali Purba, owner Beta Consulting, Sopana pun mengamini hal yang sama. jasa riset marketing perusahaan memang memiliki kans yang cukup menggiurkan. Terlebih jika melihat kondisi Indonesia sekarang yang mulai akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA. Tidak hanya investor lokal namun juga investor dan para pebisnis luar negeri mulai menyusun rencana untuk merebut dan menguasai ekonomi pasar di tanah air.

Adanya MEA pastilah berdampak kepada ekonomi di Indonesia. Kuantitas dan kualitas kompetitor akan meningkat. Mau tidak mau para pebisnis ini harus memaksimalkan daya upaya mereka kalau masih ingin bisnisnya terus berjalan. Memaksimalkan pemasaran adalah cara paling jitu untuk menggaet banyak konsumen dan memenangkan pasar.

Terbentuknya jasa riset

Situasi seperti itulah yang memotivasi banyak perusahaan memilih menggunakan jasa riset marketing perusahaan karena dinilai bisa mengoptimalkan promosi dan nilai jual. Dengan demikian produk yang dijual pun juga akan mengalami peningkatan jumlah dan laba perusahaan pun juga mengalami peningkatan.

Perusahaan sebagai pihak yang bermain dan mencari keuntungan di dunia ekonomi tentu tidak boleh sembarangan dalam mengambil keputusan yang memiliki dampak bagi pihaknya. Pemasaran unit usaha mereka harus tepat sasaran. Strategi marketing yang terarah akan dapat meraih konsumen yang signifikan dan menguntungkan bagi perusahaan.

Melihat fakta yang membuktikan demikian substansialnya peran promosi dan pemasaran tentu tidak salah jika kita katakan bahwa keberadaan jasa riset marketing perusahaan akan terus dibutuhkan dan dikembangkan ke depannya.