Studi kelayakan bisnis ini dilakukan dalam rangka untuk lebih mematangkan bisnis agar dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Secara umum, terdapat beberapa jenis faktor yang menentukan studi kelayakan bisnis. Beberapa faktor yang terkait dengan studi kelayakan bisnis antara lain adalah sebagai berikut.

Sebelum memulai sebuah bisnis, tentu para pelaku bisnis akan mempertimbangkan sejumlah hal terkait dengan bisnis yang akan dijalaninya. Sebagai bentuk keseriusan dalam upaya untuk membangun sebuah bisnis, tidak sedikit dari calon pelaku usaha yang melakukan studi kelayakan bisnis.

Investasi Modal

Berbicara tentang bisnis tentu tidak akan bisa lepas dari yang namanya modal ataupun investasi. Boleh dikatakan bahwa investasi modal merupakan salah satu penentu yang sangat penting dalam membangun suatu bisnis. Lini usaha apapun tentu akan dapat berjalan secara optimal apabila memiliki nilai investasi yang cukup memadai.

Oleh karenanya, investasi dapat dikategorikan salah satu faktor yang menentukan studi kelayakan bisnis. Faktor ini cukup penting untuk diperhatikan. Besar ataupun kecilnya jumlah investasi yang disuntikkan pada suatu lini usaha tentu akan akan dapat mempengaruhi tingkat keseriusan dalam menangani suatu bisnis usaha.

Sebagai contoh, menangani usaha dengan nilai investasi Rp 5 miliar tentu akan berbeda dengan cara menangani bisnis yang memiliki investasi Rp 50 juta. Secara umum, semakin besar jumlah atau nilai investasi yang dimiliki oleh suatu bisnis, maka akan semakin membutuhkan tingkat keseriusan yang semakin dalam karena tekanannya akan semakin besar.

Banyaknya Variabel Dalam Usaha

Banyak sedikitnya variabel yang ada di dalam suatu lini usaha menjadi salah satu faktor yang menentukan studi kelayakan bisnis yang sangat perlu untuk dipertimbangkan. Dalam sebuah bisnis tentu terdapat berbagai macam jenis variabel yang perlu dipertimbangkan. Banyak-sedikitnya variabel ini akan menentukan tingkat kesulitan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Ketidakpastian Dalam Usaha

Faktor yang menentukan studi kelayakan bisnis berikutnya adalah terkait dengan ketidakpastian dalam bisnis atau usaha. Ketidakpastian dalam menjalankan usaha atau bisnis akan menimbulkan suatu spekulasi dalam proses transaksinya. Dalam setiap bisnis memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya ketidakpastian. Adanya ketidakpastian ini disebabkan oleh berbagai macam faktor baik internal maupun eksternal yang di luar kendali.

Semakin sukar dalam memprediksi yang akan terjadi pada masa-masa yang akan datang, tentu akan membuat penelitian studi kelayakan bisnis menjadi lebih dalam dan lebih serius lagi. Studi kelayakan yang semakin dalam, mendetail, dan juga menyeluruh ini tentu diharapkan agar bisa mendapatkan sebuah insight yang cukup penting bagi keberlangsungan bisnis atau usaha di masa yang akan datang.

Oleh karenanya, usaha-usaha yang memiliki tingkat kerumitan variabel yang cukup tinggi, maka akan membutuhkan studi kelayakan bisnis yang semakin mendalam.

Demikianlah beberapa faktor yang menentukan studi kelayakan bisnis yang perlu Anda ketahui. Memulai bisnis yang baik memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan serampangan. Diperlukan sejumlah analisis dan juga studi kelayakan bisnis yang mendalam dan mendetail dari beberapa aspek agar bisnis dapat berjalan secara optimal sesuai dengan yang diharapkan.