Komponen studi kelayakan bisnis wajib anda lakukan, terutama bagi anda yang ingin bisnis yang anda jalankan menjadi sukses. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan karena terdapat beberapa macam faktor yang harus anda pertimbangkan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Meskipun demikian, tak sedikit para pengusaha yang mengabaikan tentang studi kelayakan ini. Sehingga, akan menemukan berbagai kendala yang mulanya dari jalan buntu hingga gulung tikar alias bangkrut.

Komponen Studi Kelayakan Bisnis

Dalam melakukan studi kelayakan bisnis, terdapat beberapa aspek atau komponen yang wajib anda perhatikan. Namun, pada dasarnya semua aspek tersebut memiliki sifat yang fleksibel. Dengan demikian, akan dapat ditambah maupun dikurangi dengan penyesuaian kebutuhan bisnis anda.

Berikut adalah beberapa aspek yang dapat anda perhatikan saat analisis dari studi kelayakan anda lakukan, antara lain adalah sebagai berikut:

Legalitas atau Hukum

Komponen studi kelayakan bisnis pertama yang harus anda lakukan adalah legalitas atau hukum. Komponen ini menyangkut pada seluruh hal yang berkaitan dengan legalitas atau peraturan hukum dalam mendirikan perusahaan atau bisnis anda tersebut.

Poin-poin yang wajib anda perhatikan adalah mengenai izin lokasi, NPWP, surat tanda daftar perusahaan, akta pendirian perusahaan dari notaris, SIUP, dan masih banyak lagi.

Ekonomi dan Budaya

Komponen studi kelayakan bisnis kedua adalah mengenai aspek budaya dan juga ekonomi. Hal ini dimaksudkan untuk menganalisis hal-hal yang menjadi dampak pada lingkungan sekitar perusahaan.

Dari sisi budaya misalnya menganalisis tentang bagaimana bisnis atau perusahaan anda mempengaruhi adat istiadat wilayah sekitar.

Lalu, dari sisi ekonomi, analisis yang dapat anda lakukan adalah tentang bagaimana bisnis anda dapat memberikan dampak peningkatan pertumbuhan ekonomi per kapita untuk wilayah sekitar perusahaan anda.

Pemasaran dan Pasar

Komponen studi kelayakan bisnis selanjutnya adalah pasar dan juga pemasaran. Ini adalah aspek yang dasar dalam studi kelayakan bisnis anda. Analisa dapat anda lakukan dengan menjawab pertanyaan apakan produk yang perusahaan anda hasilkan memiliki peluang pasar.

Sehingga, demi menjawab pertanyaan tersebut, terdapat beberapa hal yang penting untuk anda perhatikan, seperti potensi pasar, daya beli masyarakat, jumlah konsumen, segmentasi, situasi persaingan dalam bisnis yang sama dengan anda, dan masih banyak lagi.

Manajemen

Aspek manajemen juga ikut andil dalam studi kelayakan bisnis. Karena berkaitan erat dengan operasional perusahaan, mulai dari pembangunan hingga pengembangan. Dari seluruh aspek yang akan anda analisa, manajemen adalah salah satu aspek yang cakupannya lebih luas.

Keuangan

Aspek atau komponen keuangan atau modal yaitu hal paling utama yang wajib anda miliki sebelum membangun sebuah usaha atau bisnis. Oleh karena itu, keuangan dapat menentukan kelancaran bisnis anda nantinya.

Proses anggaran dapat anda lakukan dengan cara yang matang dan ter rencana. Komponen studi kelayakan bisnis ini menjadi sangat penting dan wajib anda lakukan demi melancarkan bisnis dan membuat kesuksesan dalam genggaman anda.

Jasa Statistik