Konsultan studi kelayakan horeca (Hotel, Restoran dan catering) memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis tersebut. Dengan adanya studi kelayakan yang lebih terencana secara lebih baik, maka dapat meminimalisir resiko yang mungkin bisa terjadi. Pertumbuhan sektor wisata saat ini mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Hal ini dapat menjadi suatu bisnis yang cukup potensial. Sehubungan dengan perkembangan sektor ini, banyak industri yang turut mendukung perkembangan sektor pariwisata. Ragam industri tersebut antara lain industri perhotelan, restoran dan catering.

Pahami Konsultan Studi Kelayakan Horeca (Hotel, Restoran dan Catering)

Semua faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis perhotelan, restoran dan catering teringkas menjadi satu titik tujuan yakni mengenai faktor finansial atau keuangan. Analisis keuangan menjadi suatu titik pusat dalam merancang studi kelayakan bisnis.

Adanya kesalahan atau resiko bisnis baik itu dalam segi pengolahan bahan baku, analisis pasar, maupun ketidaktelitian dalam merekrut tenaga kerja, tentu akan memberikan dampak terhadap masalah keuangan.

Dengan adanya analisis konsultan studi kelayakan horeca (hotel, restoran dan catering) di atas, maka pemilik bisnis perhotelan, restoran dan catering pun dapat mengetahui dengan jelas semua kebutuhan serta resiko yang akan terjadi pada bisnis perhotelan yang sedang dikembangkan.

Studi kelayakan merupakan rangkaian kegiatan dalam suatu usaha apakah layak atau tidak. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal penting yang perlu dilakukan dalam menjalankan studi kelayakan.

Berikut ini hal penting yang perlu diperhatikan oleh konsultan studi kelayakan horeca (hotel, restoran dan catering), antara lain:

Analisa Lokasi

Lokasi mempunyai peranan penting dalam menentukan layak atau tidaknya bisnis horeca yang akan dijalankan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain SDM, transportasi, akses, serta letak yang strategis atau tidak.

Perhitungan Biaya

Biaya yang akan dikeluarkan meliputi pembebasan lahan, biaya tenaga kerja, izin usaha, bahan baku, dan lain sebagainya. Hal ini perlu anda perhitungkan sejak dini untuk dapat mempersiapkan dana yang realistis dari awal.

Analisa Data

Analisa data telah diolah menjadi serangkaian informasi menjadi lebih efisien serta sangat membantu dalam penyusunan rencana pengembangan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya riset kelayakan bisnis yang menjadi objek dari konsultan studi kelayakan horeca (hotel, restoran dan catering) tersebut. Analisis data dapat dilakukan dalam pengambilan serta mengetahui berapa jumlah konsumen yang lebih potensial.

Dalam menjalankan analisa bisnis, para konsultan studi kelayakan horeca (hotel, restoran dan catering) juga perlu memperhatikan strategi marketing. Dalam sebuah hotel serta restoran hendaknya mempunyai ciri khas atau tema serta konsep tertentu. Yang dapat lebih menarik para pelanggan ataupun konsumen. Bahkan dalam beberapa restoran ternama akan mengangkat 3 konsep yang berbeda pada sebuah sebuah bangunan. Yang antara lain outdoor, resto, dan lounge tanpa harus berpindah-pindah ke tempat lainnya.

Layanan

Jasa Studi Kelayakan Medan

Jasa Studi Kelayakan Surabaya