Konsultan studi kelayakan untuk perizinan usaha semakin banyak dibutuhkan karena saat ini dunia bisnis dituntut agar lebih cepat berubah. Baik dituntut dalam pasar maupun tuntutan dari dunia perbankan sebagai dana awal. Banyak aspek yang harus diteliti oleh jasa konsultan, sehingga hasilnya bisa digunakan sebagai pemutusan bisnis apakah layak atau tidak.

Jasa Konsultan Studi Kelayakan untuk Perizinan Usaha

Di dalam sebuah usaha atau bisnis, maka seseorang harus memiliki bayangan bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan, siapa pengelolaannya, berapa biaya modalnya, berapa pegawainya, siapa investornya, siapa saja konsumennya, dan masih banyak lagi jenis rencana lain yang harus dikaji.

Namun hal yang paling penting dan utama adalah bagaimana modal investasi yang nantinya akan dikeluarkan sehingga bisa membuat bisnis yang menguntungkan. Karena tidak mungkin juga seseorang akan melakukan usaha yang merugikan. Maka dari itu, diperlukan untuk menganalisis untung dan tidaknya sebuah bisnis atau usaha yang dijalankan.

Banyak sekali keuntungan yang bisa diraih dengan rencana bisnis menggunakan studi kelayakan. Maka dari itu, konsultan studi kelayakan untuk perizinan usaha ini berperan sangat penting dan bermanfaat. Ada beberapa aspek ketika akan melakukan studi kelayakan, diantaranya sebagai berikut:

Legalitas

Aspek penting yang paling utama adalah sebuah legalitas karena berkaitan dengan ide bisnis yang akan dijalankan. Mulai dari akan memastikan gagasan ide yang tidak melanggar hukum hingga melakukan sebuah riset mengenai ide usaha tersebut telah dipatenkan sebelumnya atau tidak.

Karena jika ada kesamaan dengan usaha yang dipatenkan, maka ide tersebut tidak bisa dapat berjalan secara hukum. Selain itu, juga berkaitan dengan pendirian suatu perusahaan. Misalnya pada masalah perizinan dan membuat akta pendirian perusahaan oleh notaris hingga persiapan mengajukan SIUP.

Pemasaran

Aspek selanjutnya dalam konsultan studi kelayakan untuk perizinan usaha dengan pemasaran. sehingga ide usaha akan segera dikaji secara mendalam tentang peluang yang dimiliki oleh pasar. Namun riset studi kelayakan tidak hanya berhenti sampai sini saja.

Kajian dari aspek pemasaran ini akan mengaitkannya dengan target pasar untuk ide usaha tersebut. Sampai pada akhirnya, rencana pemasaran bisa dinilai tepat serta memperoleh keuntungan.

Ekonomi

Konsultan studi kelayakan untuk perizinan usaha ini akan melakukan sebuah riset tentang pengaruh usaha pada sektor ekonomi, mulai dari daerah sampai nasional.

Sebuah ide usaha yang layak, maka akan memberikan dampak positif bagi ekonomi. Tak hanya itu saja, tetapi akan dianggap sempurna dan tepat jika sanggup memberi dampak yang baik secara ekonomi berkaitan dengan bisnis.

Keuangan

Konsultan studi kelayakan untuk perizinan usaha akan melakukan riset dengan aspek keuangan. Pengaturan aspek tersebut termasuk dalam investasi, anggaran, bahkan sampai untung ruginya suatu bisnis yang dijalankan.