Peran Studi Kelayakan Bisnis

Peran Studi Kelayakan Bisnis sangat menentukan kelangsungan suatu bisnis ataupun proyek dari suatu perusahaan. Dari pada kerugian dan menghadapi resiko – resiko yang akan dihadapi setelah bisnis ataupun proyek tersebut.

Dalam memulai bisnis baik manufaktur ataupun jasa diperlukan studi kelayakan bisnis. Studi Kelayakan merupakan manajemen perencanaan bisnis dilakukan setelah ide bisnis tersebut di peroleh. Tujuan dari studi kelayakan bisnis untuk mengurangi resiko yang akan terjadi pada bisnis yang dijalankan. Karena dalam kajian studi kelayakan bisnis yang di rencanakan akan dikaji terlebih dahulu dari segi aspek-aspek studi kelayakan seperti aspek pasar, aspek manajemen, aspek hukum, aspek legal, aspek lingkungan, aspek teknis, aspek keuangan dan aspek lainya. Hasil kajian tersebut akan memberikan pertimbangan keputusan kepada pebisnis apakah bisnis tersebut layak di jalankan, ditunda dulu atau bahkan dibatalkan saja karena tidak menunjukkan hasil untuk layak.

Pihak-pihak yang membutuhkan laporan studi kelayakan bisnis adalah:

  1. Pihak Investor.
  2. Pihak Kreditor
  3. Pihak Manajemen Perusahaan
  4. Pihak Pemerintah dan Masyarakat
  5. Bagi Tujuan Pembangunan Ekonomi

Dalam hal ini PT. Grapadi Sejahtera Mandiri sebagai konsultan profesional hadir membantu pebisnis untuk merancang studi kelayakan suatu bisnisnya. Memang dalam menyusun studi kelayakan di perlukan biaya namun biaya yang anda keluarkan tidak akan sebanding dengan resiko yang akan ada alami dari bisnis tersebut. Berinvestasi dalam suatu bisnis bukanlah hal yang main-main dan coba-coba. Berbisnis tanpa di ikuti perencanaan yang matang sama saja membuang uang dengan sia-sia.