Analisis Kelayakan Usaha (Feasibility Study), anda perlu mengetahui apa itu analisis kelayakan usaha. Ketika anda ingin membangun sebuah usaha atau bisnis, maka anda harus merencanakan berbagai hal yang nantinya akan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan usaha atau bisnis anda.

Analisis kelayakan usaha (feasibility study) adalah kegiatan menyeluruh untuk mempelajari suatu usaha yang akan dibangun atau dijalankan untuk mengetahui secara jauh layak dan tidaknya usaha tersebut.

Jadi, analisis kelayakan usaha ini menguji perencanaan anda yang sudah dirancang dan matang  apakah nanti ketika diaplikasikan ke dunia nyata, layak dan dapat berkembang secara baik.

Tidak hanya itu, dengan analisis kelayakan tersebut, anda akan mengurangi resiko yang terjadi kedepannya dalam menjalankan usaha. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengenal dan memahami analisis kelayakan usaha.

Analisis Kelayakan Usaha (Feasibility Study)

Sebelum menjalankan sebuah bisnis atau usaha tertentu, seberapa penting analisis kelayakan usaha (feasibility study) akan anda lihat dari manfaatnya. Karena sebuah bisnis akan diteliti lebih jauh dari semua aspek yang akan merugikan bisnis anda. Manfaatnya adalah:

  1. Terhindar dari Resiko kerugian

Begitu banyak pesaing bisnis yang berkembang saat ini, anda harus cermati segala aspek dan memprediksi segala hal kemungkinan yang terjadi di masa yang akan datang. Ketika usaha atau bisnis menggunakan analisis kelayakan usaha, maka resiko-resiko yang akan terjadi lebih dapat dikontrol dan ditangani.

  1. Memudahkan Dalam Perencanaan

Dengan melakukan analisis, anda akan lebih mudah merencanakan anggaran permodalan, pelaksanaan, lokasi yang tepat untuk berbisnis, cara efektif dalam pelaksanaan, serta besarnya laba atau keuntungan. Inilah kenapa seberapa penting analisis kelayakan usaha (feasibility study) bagi bisnis anda.

  1. Memudahkan Dalam Operasional

Analisis ini akan menguntungkan anda dalam pelaksanaan pekerjaan. Hal ini dikarenakan setiap karyawan dapat fokus dan telah terencana. Dengan demikian, hal ini tentu saja memberikan kelancaran dalam bisnis.

  1. Memberikan Kemudahan dan pengendalian

Bisnis yang sudah anda rencanakan akan berjalan sesuai jalur perencanaan. Sedangkan kemudahan dalam pengendalian, anda dapat segera mengatasi masalah dengan cepat sehingga tidak merugikan usaha atau bisnis yang anda jalankan.

Nah, inilah seberapa penting analisis kelayakan usaha (feasibility study) bagi usaha atau bisnis anda. Karena analisis ini akan meninjau dari semua aspek yang berhubungan dengan kelengkapan perencanaan anda seperti aspek legalitas, aspek lingkungan, aspek pemasaran, aspek teknologi, aspek finansial, dan aspek sumber daya manusia. Hal ini dapat berfungsi pula untuk mengevaluasi atau menganalisis kelayakan sebuah ide bisnis. Selain itu, tidak akan merugikan banyak pihak seperti pihak investor, pihak manajemen perusahaan, dan pihak pemerintah dan masyarakat.

Analisis Kelayakan Usaha (Feasibility Study)

Konsultan Studi Kelayakan Surabaya