Dalam dunia bisnis, jasa analisis keuangan perusahaan tentu sangat dibutuhkan. Salah satu dari banyak hal penting tersebut adalah jasa analisis keuangan perusahaan, dengan analisa ini Anda dapat mengkalkulasikan apakah finansial perusahaan Anda sudah memadai atau belum.

Namun tentu, hal tersebut bukan tujuan utama dari analisis ini. Jika Anda merupakan seseorang yang baru akan mulai berbisnis, maka penting untuk mengetahui analisis keuangan pada industri.

Apa Itu Jasa Analisis Keuangan Perusahaan?

Pengertian dari analisis laporan keuangan atau finansial sendiri adalah suatu proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu melakukan evaluasi kondisi finansial serta hasil operasi perusahaan pada masa saat ini dan masa lampau.

Jika proses analisa ini dilakukan dengan benar dan tepat, justru hal ini akan membuat suatu bisnis atau industri menjadi maju dan berkembang. Proses analisa finansial ini biasanya dilakukan setiap akhir bulan Ketika penutupan buku.

Jika Anda belum mengetahui metode yang digunakan untuk melakukan analisis keuangan, maka jangan khawatir. Kami telah merangkum dua metode yang digunakan untuk melakukan analisis keuangan perusahaan.

Metode yang digunakan Jasa Analisis Keuangan Perusahaan

Pada dasarnya, analisis keuangan perusahaan memiliki 2 metode yang berbeda. Jika Anda sudah penasaran dengan metodenya tersebut, maka perhatikan pembahasan selanjutnya dibawah berikut.

  1. Analisis Horizontal

Metode ini adalah metode analisa yang melakukan perbandingan pada laporan keuangan untuk beberapa periode atau waktu. Dengan metode ini, maka perkembangan dari suatu bisnis atau industri akan diketahui.

  1. Analisis Vertikal

Jika laporan keuangan yang dianalisa hanya dalam satu periode atau waktu saja (dengan membandingkan antara pos yang satu dengan pos lainnya didalam laporan keuangan), maka yang akan diketahui hanya keadaan finansial pada waktu itu saja.

Maksudnya, keadaan finansial perusahaan akan diketahui dari operasi yang dilakukan pada waktu itu saja, bukan per bulan atau juga pertahun.

Jasa analisis keuangan perusahaan ini tentu sangat dibutuhkan dan sangat penting, jadi Anda jangan lupa untuk melakukannya jika membuka suatu bisnis.