Sekarang sudah saatnya susun roadmap feasibility study pembuatan sebuah RS (Rumah Sakit). Roadmap sendiri adalah pemetaan terhadap fase yang akan dilewati saat mendirikan rumah sakit. Dan fokus ini adalah agar rumah sakit yang dibangun itu hasilnya maksimal.

Sebelum kita fokus membahas rumah sakit, Anda perlu mengenal dulu apa sebenarnya itu feasibility study. Singkatnya, ini adalah sebuah aktivitas praktikal yang tujuannya lebih ke ide dan metode terhadap suatu proyek. Proyek pembuatan rumah sakit salah satu contohnya.

Biasanya feasibility study ini disusun oleh Project Managers, orang yang bertanggung jawab untuk segala pengelolaan kegiatan tertentu hingga selesai. Tetapi terkhusus rumah sakit, ini bukan perkara mudah untuk bisa menyusunnya hingga RS bisa lancar ketika beroperasi.

5 Fase dalam Roadmap Feasibility Study pembuatan sebuah RS (Rumah Sakit)

Memang ini bukan sesuatu yang mudah sehingga perlu orang yang sudah ahli untuk menyusunnya dengan baik. Ada beberapa tools memang yang bisa dipakai, tetapi feasibility study yang baik adalah yang disusun sendiri, bukan melalui tools atau alat bantu.

Tetapi jika Anda masih kesulitan untuk menyusunnya sendiri, tenang saja karena kami telah memiliki roadmpanya. Kami sudah memetakan apa saja yang harus Anda lakukan. Dan fase dalam roadmap feasibility study pembuatan sebuah RS (rumah sakit) antara lain:

1. Mempelajari Pasar yang Berhubungan dengan Kesehatan

Fase pertama adalah Anda pelajari tentang area itu, cari tahu soal seberapa banyak yang butuh layanan yang rumah sakit Anda. Apakah bayaran yang diminta bisa masuk akal untuk layanan kesehatan hingga apakah Anda sudah yakin itu bisa sukses?

2. Tahapan Sebelum Perencanaan

Tahap pre-planning dalam roadmap feasibility study pembuatan sebuah RS (rumah sakit) juga tidak kalah penting. Ini menyangkut soal rencana awal hingga biaya yang diproyeksikan hingga selesai. Dan tentu saja ini berkaitan dengan jangka panjang.

3. Desain Konstruksi Rumah Sakit

Anda juga akan melakukan finalisasi desain konstruksi rumah sakit. Jangan lupa bandingkan dengan total pasien yang bisa ditampung sehingga konstruksi harus lebih kuat. Rumah sakit yang dibuat juga harus ramah terhadap orang yang sakit.

4. Perencanaan Operasi Kegiatan Rumah Sakit

Desain ini sudah selesai dan bayangkan ketika semuanya selesai sesuai bayangan. Dan sebelum itu, roadmap feasibility study pembuatan sebuah RS (rumah sakit) harus sudah menemukan rencana operasi. Mulai dari merekrut staff dan kebijakan.

5. Evaluasi Setelah Pembukaan dan Follow-up

Setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk sering melakukan follow up atau review setiap laporan. Jangan sempat ada prosedur yang salah dan menyalahi kebijakan. Ini harus diingat jika Anda tidak ingin rumah sakit itu gagal lolos uji kelayakan.

Namun jika ada bagian yang dianggap tidak layak, maka Anda harus melakukan perbaikan secepat mungkin. Jangan sampai ini malah menjadi masalah baru. Roadmap Feasibility Study pembuatan sebuah RS (Rumah Sakit) harus dibuat sedetail mungkin agar lancar.